Optimalisasi E-Commerce bagi Mompreneur dalam meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam: studi kasus Komunitas Tangan di Atas (TDA) Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurizzah, Elsavira (2021) Optimalisasi E-Commerce bagi Mompreneur dalam meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam: studi kasus Komunitas Tangan di Atas (TDA) Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsavira Nurizzah_G94217086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini terhimpun dari wawancara langsung ke mompreneur, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengelolaan data peneliti menggunakan metode penelitian berupa pemeriksaan data (editing), pengorganisasian data (organizing), dan analisis data (analyzing). Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode reduksi data, kemudian penyajian data, dan penyimpulan serta verifikasi. Untuk memudahkan penyampaian hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi guna menyesuaikan hasil wawancara dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh lebih akurat. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) Optimalisasi yang dilakukan oleh mompreneur dimulai dari penentuan tujuan. Mompreneur disini menargetkan pada peningkatan penjualan, keuntungan dan pendapatan serta meminimalisasi biaya operasional. Identifikasi elemen optimalisasi untuk dapat mencapai target yang diharapkan dengan menggunakan alternatif pemilihan yang tepat. Pengoptimalisasian dilakukan dengan peningakatan kualitas e-commerce dan peningakatan kualitas content dengan promosi untuk menumbuhkan customer relationship sampai timbul kepercayaan sehingga menjadi pelanggan yang loyal dan tujuan tercapai. Mompreneur mengalami peningkatan penjualan 222% - 230% dan peningakatan keuntungan 345% - 350%. 2) Optimalisasi e-commerce yang dilakukan oleh mompreneur secara esensial merupakan salah satu implementasi dari konsep bai’ as-salam kontemporer yang memiliki kesamaan fundamental, yaitu adanya penangguhan barang setelah terjadi akad jual beli. Optimalisasi e-commerce dalam perspektif ekonomi Islam sebagaimana halnya konsep bai’ as-salam harus memenuhi beberapa rukun dan syarat karena e-commerce merupakan implementasi dari konsep bai’ as-salam kontemporer. Dan optimalisasi e-commerce yang dilakukan oleh mompreneur sudah sesuai dengan ekonomi Islam. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran untuk mompreneur diharapkan selalu menanamkan sikap jujur dengan memberikan deskripsi dan spesifikasi yang sesuai dengan realita barang yang dijual dan tidak menggunakan sistem kredit dalam metode pembayaran, serta untuk Komunitas Tangan Di Atas (TDA) lebih fokus pada pengembangan potensi wirausaha perempuan dan pengembangan UMKM berbasis digital (digital marketing).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurizzah, Elsaviraelsaviranurizzah@gmail.comG94217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Ekonomi
Keluarga
Pemberdayaan > Perempuan
Keywords: Optimalisasi E-Commerce; Mompreneur; Bai’ As-Salam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elsavira Nurizzah
Date Deposited: 09 Apr 2021 10:35
Last Modified: 09 Apr 2021 10:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47424

Actions (login required)

View Item View Item