Peran guru PAI dan orang tua dalam mengembangkan sikap spiritual siswa MTsN 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Aulia (2021) Peran guru PAI dan orang tua dalam mengembangkan sikap spiritual siswa MTsN 3 Kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Rahman_F02318076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang peran guru PAI dan orang tua dalam mengembangkan sikap spiritual siswa MTsN 3 Kota Surabaya. Guru PAI dan orang tua merupakan faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan pada sikap spirirual anak. Orang tua adalah pendidik pertama bagi anak. Kemudian guru adalah pendidik kedua bagi anak. Guru dan orang tua harus saling berperan dalam mengembangkan sikap spiritual anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sementara itu, dilihat dari metode penyajian data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif. Metode yang digunakan daalam penelitian ini dengan metode pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1. Peran guru PAI di MTsN 3 Kota Surabaya antara lain: a) Meningkatkan pemahaman dan bimbingan keislaman, b). Menguasai dan menyampaikan pelajaran dengan baik, c). Menunjang siswa dalam mengamalkan spiritual, d). Mencerminkan teladan yang baik. 2. Peran orang tua di MTsN 3 Kota Surabaya antara lain: a). Merencanakan anak ke arah tujuan yang baik, b). Membimbing dan membina anak dengan baik, 3). Memberikan contoh yang baik 4). Melengkapi kebutuhan yang menunjang siswa. 1. Kondisi sikap spiritual siswa MTsN 3 Kota Surabaya bervariasi, mayoritas siswa mampu menjalankan ibadah dengan taat, menerima dengan ikhlas, melakukan dengan sabar, dan menerima dengan syukur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Auliamasrahman.uinsa@gmail.comF02318076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Muhammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorRubaidi, Rubaidi--2010067101
Subjects: Keluarga
Kecerdasan
Pendidikan
Keywords: Sikap spiritual; Guru; Orang Tua.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahman Aulia
Date Deposited: 08 Aug 2021 23:12
Last Modified: 08 Aug 2021 23:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47416

Actions (login required)

View Item View Item