Konsep cinta: studi komparasi antara pemikiran Jalauddin Rumi dan Erich Fromm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliffudin, Andi Wahyu (2021) Konsep cinta: studi komparasi antara pemikiran Jalauddin Rumi dan Erich Fromm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andi Wahyu Aliffudin_E97216032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas konsep cinta dari sudut pandang tasawuf yang diambil prespektifnya dari Jalaluddin Rumi dan dari sudut pandang psikologi yang mengambil perspektif dari Erich Fromm. Dalam skripsi ini menjelaskan yang pertama seperti apa konsep cinta yang mereka bawa, kedua Mengetahui persamaan serta berbedaan dari kedua konsep mereka. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metodologi deskriptif kualitatif komparatif dengan menggunakan penelitian pustaka dengan tujuan untuk memperkuat argumentasi penulis dengan literatur-literatur yang telah ada sebelumnya baik berupa buku, jurnal, maupun skripsi yang telah diteliti sebelumya. Dari hasil penelian ini penulis mendapatkan beberapa poin kesamaan dan perbedaan konsep cinta yang dibawakan oleh Rumi dan Fromm seperti Rumi yang mendeskripsikan cinta dengan hubungan spiritualnya dengan Tuhan dan Erich Fromm yang mendeskripsikan cinta melalui pengalamannya sebagai ahli neurotis, namun dibalik perbedaan latar belakang ini konsep mereka mempunyai satu kesamaan yang bisa ditarik yakni tentang sebuah keikhlasan tanpa pamrih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliffudin, Andi Wahyuandiwahyualiffudin96@gmail.comE97216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Psikologi Islam
Keywords: Konsep Cinta; Jalaluddin Rumi; Erich Fromm.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Andi Wahyu Aliffudin
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:49
Last Modified: 08 Apr 2021 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47347

Actions (login required)

View Item View Item