Pendidikan agama Islam di organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF) kota Tarakan dalam meningkatkan kualitas keislaman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Nadhira Fasya (2021) Pendidikan agama Islam di organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF) kota Tarakan dalam meningkatkan kualitas keislaman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhira Fasya Salsabila_D91217120.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimulai setelah mengamati pertumbuhan jumlah mualaf di Indonesia setiap tahunnya yang semakin meningkat namun tidak ada aturan khusus bagi mualaf untuk mendapatkan pembimbingan agama Islam, sehingga timbul kekhawatiran dan keinginan untuk menciptakan wadah bagi para mualaf agar bisa mempelajari Islam dengan bimbingan dari Muslim yang lebih berilmu. Penelitian ini dilakukan pada organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF) yang berada di kota Tarakan, provinsi Kalimantan Utara, yang penduduknya didominasi oleh pendatang dari luar pulau, sehingga memunculkan keberagaman dalam agama. Penelitian ini meninjau pendidikan agama Islam dengan pendekatan manajemen sehingga rumusan masalah yang muncul adalah; 1) Bagaiamana pelaksanaan Pendidikan Agama islam di organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF) Tarakan? 2) Bagaimana kualitas keislaman anggota setelah mengikuti kajian di organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF)? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui pendidikan agama Islam di organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF) Tarakan. 2) Untuk mengetahui kualitas keislaman anggota organisasi Persaudaraan Mualaf (PEMAAF) setelah mengikuti kajian keagamaan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah: 1) pendidikan agama Islam yang diselenggarakan di organisasi Persaudaran Mualaf (PEMAAF) Tarakan termasuk dalam pendidikan diniyah non formal sesuai dengan ketetapan oleh menteri agama nomor 13 tahun 2014. 2)kualitas keislaman anggota mualaf meningkat setelah mengikuti kajian yang diselenggarakan organisasi persaudaraan mualaf (PEMAAF) Tarakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Nadhira Fasyanadhiraafs@gmail.comD91217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan agama islam; Organisasi persaudaraan mualaf; Kualitas keislaman.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadhira Fasya Salsabila
Date Deposited: 06 Apr 2021 11:35
Last Modified: 06 Apr 2021 11:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47310

Actions (login required)

View Item View Item