Implementasi syariah marketing menggunakan Matriks Boston Consulting Group pada Kspps Bmt Sri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Rosi (2021) Implementasi syariah marketing menggunakan Matriks Boston Consulting Group pada Kspps Bmt Sri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosi Wulandari_G74215107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur belum menerapkan strategi syariah marketing, padahal BMT ini menggunakan sistem syariah. KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur menggunakan strategi marketing sebatas dari mulut ke mulut dengan sasaran ibu-ibu yang aktif dan mempunyai kecakapan berbicara. Selain itu terdapat pesaing di sekitar KSPPS BMT Sri Sejahtera yaitu Koperasi Mekar yang menggunakan sistem konvensional. Meskipun secara sistem berbeda tetap saja hal tersebut menjadikan sebuah persaingan koperasi di sekitar wilayah BMT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan pengurus, manager dan karyawan KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa yang digunakan ialah perhitungan teori matriks BCG untuk mengetahui letak posisi KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur hasil dari perhitungan pertumbuhan pasar dan pangsa pasar di lihat dalam matriks BCG masuk dalam kategori star, cash cow, question mark atau dog. Begitupun juga dilihat dari sudut pandang syariah marketing, berdasarkan matriks BCG posisi KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur dapat ditentukan. Hasil penelitian ini memiliki beberapa landasan hasil perhitungan matriks BCG dalam konteks syariah, posisi yang dimiliki oleh KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur berada pada Kuadran I. Artinya ialah posisi dari KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur berada pada posisi Tanda tanya (question mark). Pertumbuhan pasar yang dimiliki oleh KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur dengan mengacu pada laporan keuangan pada tahun 2019 dan 2018 mengalami sebuah peningkatan. Strategi ini perlu dipertahankan agar posisi laporan keuangan selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Sedangkan pangsa pasar yang dimiliki mencapai nilai dibawah rata-rata standart dari pangsa pasar berdasarkan syariah, maka dari itu solusinya ialah pesaing yang harus ditemukan disekitar KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur minimal mencapai 50 lembaga keuangan non bank. Artinya KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur perlu meningkatkan kinerja pemasaran hingga laporan keuangan setiap tahun meningkat dan memperbanyak jaringan pesaing agar menjalin hubungan antar lembaga semakin baik. Perlu adanya sebuah evaluasi yang harus dilakukan KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur agar posisinya mencapai nilai bintang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran kepada KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur agar mengindetifikasi pesaing yang ada, mempertahankan kondisi posisi pertumbuhan pasar dengan melakukan proses pemasaran yang pernah dilakukan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, memberikan penawaran harga setinggi-tingginya kepada anggota baru untuk mendapatkan nilai harga kecil. Sedangkan saran bagi penelitian lanjutan agar menilai suatu lembaga keuangan syariah bukan hanya satu objek, melainkan lebih dari satu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Rosirosiwulandari30@gmail.comG74215107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Keywords: Syariah marketing; Matriks Boston Consulting Group; KSPPS BMT Sri Sejahtera Jawa Timur.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosi Wulandari
Date Deposited: 04 Apr 2021 08:33
Last Modified: 04 Apr 2021 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47301

Actions (login required)

View Item View Item