Taubat sebagai terapi penyembuhan dengan pendekatan sholat dan dzikir terhadap pecandu Sabu-Sabu dI BNNK Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rooy, Claudia Audina (2021) Taubat sebagai terapi penyembuhan dengan pendekatan sholat dan dzikir terhadap pecandu Sabu-Sabu dI BNNK Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Claudia Audina Rooy_E97216016.rar

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode terapi taubat terhadap pecandu narkoba, terapi taubat merupakan salah satu metode alternatif untuk menurunkan kadar obat yang ada pada si pecandu sabu-sabu. Permasalahn utama dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana efektifitas terapi taubat terhadap pecandu sabu-sabu. Kedua, apa manfaat yang dirasakan oleh pecandu sabu-sabu di BNNK Sidoarjo. Adapun tujuan dalam penelitian ini agar pecandu sabu-sabu lebih bisa dekat dengan Tuhan dan menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Dan berperan penting dalam mengoptimalkan proses penyembuhan. Lantas manfaat terapi taubat si pecandu lebih merasa tenang dan lebih merasa jernih. Karena dengan sholat dan dzikir membuat pecandu lebih percaya diri dan memiliki semangat hidup. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada subyek dengan cara mengamati dan mencatat keadaan yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menggunkaan teori terapi taubat dari tokoh al-Ghazali. Bahwa taubat merupakan awal dari manusia dalam mencapai puncak kebahagiaan dan menuju makrifat. Taubat berusaha membuat manusia menjadi orang yang lebih baik dalam menjalankan kehidupan di dunia untuk meraih kehidupan di akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rooy, Claudia Audinaclaudiaaudina31@gmail.comE97216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, KhodijahUchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Doa dan Zikir
Kenakalan Anak dan Remaja
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Narkoba; Terapi Taubat; Metode Terapi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Claudia Audina
Date Deposited: 04 Apr 2021 11:56
Last Modified: 04 Apr 2021 11:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47297

Actions (login required)

View Item View Item