Syukur dan upaya meningkatkan Self Esteem Prespektif Al-Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ellisa, Fadiya (2021) Syukur dan upaya meningkatkan Self Esteem Prespektif Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadiya Ellisa_E07216003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi kali ini membahas mengenai Syukur dan Upaya meningkatkan Self Esteem prespektif al- Ghazālī. Adapun kajian latar belakang pada skripsi ini terdiri dari beberapa rumusan masalah yaitu yang pertama, mengenai konsep syukur menurut Ghazālī. Kedua, mengkaji tentang konsep self esteem. Ketiga, berisi mendeskripsikan tentang konsep syukur dalam kitab Ihya’ Ulumuddin karya al- Ghazālī untuk meningkatkan Self Esteem. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif melalui penggunaan teknik library research, dan dokumentasi sebagai metode dalam pengumpulan data. Kemudian cara yang digunakan dalam Syukur sebagai respon psikologis yang positif yang memberikan keuntungan interpersonal. Syukur menyebabkan munculnya emosi positif sehingga membantu seseorang individu menjalin hubungan positif dengan orang lain, serta memiliki tujuan hidup dan mampu memunculkan penerimaan diri. Sehingga dalam hal ini syukur dapat membantu seseorang untuk meningkatkan self esteem, karena dengan syukur individu dapat menghargai dirinya sendiri. Sebab apapun yang ada pada dirinya adalah nikmat dari Allah yang harus diterima dengan rasa gembira tanpa adanya keluhan. Dengan bersyukur individu lebih menghargai apapun yang datang padanya, hal tersebut dapat memunculkan motivasi untuknya dalam mengembangkan diri sesuai dengan nikmat yang telah ia terima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ellisa, Fadiyaichafdy@gmail.comE07216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Agama
Akhlak > Akhlak Mulia
Iman Kepada Allah
Keywords: Syukur; Self Esteem; Al- Ghazālī.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fadiya Ellisa
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:44
Last Modified: 05 Apr 2021 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47296

Actions (login required)

View Item View Item