Analisis Maqāṣid Al-Shāri’ah terhadap penggunaan E-Money sebagai media penyimpanan aset keuangan keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluqi, Mohammad Ahsanul (2021) Analisis Maqāṣid Al-Shāri’ah terhadap penggunaan E-Money sebagai media penyimpanan aset keuangan keluarga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Ahsanul Khuluqi_C91217066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam perkembangannya uang menjadi suatu alat tukar yang menjadi sebuah kewajiban kepada setiap orang untuk memilikinya. Seiring dengan berjalannya waktu, dunia semakin berkembang. Arus digitalisasi telah memasuki hampir seluruh komponen aspek kehidupan. Lalu bagaimana hukum islam mengimbangi peranan perkembangan kemajuan teknologi informasi saat ini dalam penggunaan dan pengelolaan harta khususnya aset keuangan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan platform e-money sebagai media penyimpanan aset keuangan keluarga dan analisis maqāṣid al-shāri’ah terhadap penggunaan e-money sebagai media penyimpanan aset keuangan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Data yang dihimpun melalui studi pustaka, yang selanjutnya diolah dan dianalisa. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer berupa Buku eMarketing The Essential Guide To Marketing In a Digital World yang diterbitkan oleh Quirk eMarkeeting tahun 2008 dan Buku Seri Literasi Digital Kumpulan Ulasan Politik, Ekonomi, dan Gaya Hidup Era Digital yang diterbitkan oleh Kominfo tahun 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 2 kesimpulan sebagai berikut: 1) Platform e-money adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai tempat atau media untuk menyimpan aset keuangan keluarga. Cukup berbekal smartphone atau komputer dengan aplikasi e-Money tertentu dapat menggunakannya sebagai media untuk menyimpan uang tanpa harus mendaftarkan diri di Bank sebagai nasabah atau antre di ATM. Penghasilan keluarga yang telah dihasilkan baik oleh seorang suami ataupun istri dari pekerjaannya dapat disimpan dengan aman dan mudah melalui aplikasi e-Money. 2) Penggunaan e-money penyimpan uang termasuk ke dalam nilai hifdz al-mal yakni pemeliharaan harta dari segi hajiyat. Karena sifatnya yang tidak merusak kehidupan keluarga meskipun tidak dilakukan, akan tetapi dapat menimbulkan suatu kesulitan tertentu. Penggunaan e-money termasuk dalam maslahah mu’tabarah karena sesuai dengan perintah syara’ yakni untuk melindungi harta keluarga sebagai bekal dalam kehidupan di masa mendatang. Para pengguna terutama anggota keluarga yang menggunakan aplikasi e-money sebagai media penyimpanan aset keuangan keluarga harap berhati-hati dalam memilih aplikasi. Karena tidak semua platform telah terdaftar di PPATK. Serta banyak sekali kejahatan cyber yang mengintai di sekitar kita. Harap untuk berkonsultasi kepada ahlinya terlebih dahulu, atau minimal melakukan kroscek mengenai kredibilitas dari aplikasi sebelum menggunakannya sebagai media penyimpan uang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluqi, Mohammad Ahsanulnhoojien@gmail.comC91217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Keluarga
Keuangan
Keywords: Aplikasi e-Money; Platform e-money; Maqāṣid al-shāri’ah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mohammad Ahsanul Khuluqi
Date Deposited: 04 Apr 2021 08:05
Last Modified: 04 Apr 2021 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47289

Actions (login required)

View Item View Item