Analisis hukum islam terhadap jual beli Padi dengan sistem Barter di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmat, Ahmad Lathif Sirojul (2020) Analisis hukum islam terhadap jual beli Padi dengan sistem Barter di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Lathif Sirojul Rohmat_C022116002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara secara langsung terhadap petani yang ada di Desa Sumberagung dan didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat, selanjutnya oleh penulis dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik jual beli padi dengan sistem barter di Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro yaitu Jual beli barter antara padi yang baru dipanen ditukar dengan padi yang siap dijadikan benih, transaksi tersebut dilakukan ketika setelah waktu musim panen dan akan memasuki musim tanam selanjutnya dengan estimasi waktu yang relatif singkat, karena untuk membuat benih, padi harus melalui proses yang panjang, sehingga untuk mempersingkat waktu dan menghemat biaya pengeluaran untuk mendapatkan benih yang unggul petani melakukan jual beli padi dengan sistem barter dengan petani yang lainnya yang mempunyai stok padi lama yang siap untuk dijadikan benih, namun dalam transaksi ini penjual meminta adanya tambahan 20% perkuintalnya agar tidak mengalami kerugian. Pelaksanaan praktik jual beli padi dengan sisitem barter ini termasuk dalam jual beli ‘araya yang mana jual beli tersebut merupakan pengecualian dari jual beli yang diharamkan. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis menyarankan kepada Penjual haruslah menjelaskan secara rinci tambahan yang di minta serta alasan adanya tambahan dalam transaksi ini dan mengedepankan sistem kejujuran dalam transaksi ini agar pembeli paham bahwa transaksi ini diperbolehkan dalam Islam karena dalam Islam tambahan dalam jual beli dengan sistem barter ada batasan tambahan yang ditoleransi. Saran lainnya yaitu kepada Pembeli agar lebih berhati-hati dan melihat jual beli dari sisi syariah agar termasuk dalam tindakan yang diridhoi Allah Swt.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmat, Ahmad Lathif Sirojulahmadlathifsirojulrohmat@gmail.comC02216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Jual Beli; Barter; Jual beli beras.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad lathif Sirojul rohmat
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:24
Last Modified: 05 Apr 2021 08:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47246

Actions (login required)

View Item View Item