Perancangan pusat seni dan budaya (cultural and art center) dengan pendekatan Inclusive design di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhilah, Salma (2021) Perancangan pusat seni dan budaya (cultural and art center) dengan pendekatan Inclusive design di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Fadhilah_H73216073.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sidoarjo mempunyai seni kerajinan khas yaitu Batik Jetis dan komunitas kesenian tradisional dan modern. Sidoarjo membutuhkan wadah untuk para komunitas seni dan masyarakat dalam melakukan kegiatan kesenian dan kebudayaan karena selama ini melakukan kegiatan tersebut di lapangan dan balai desa. Wadah yang dibutuhkan dapat mengakomodasi perkembangan kegiatan seni dari jenis seni musik, tari, peran dan rupa, kegiatan kebudayaan, dan kegiatan lainnya seperti pendidikan serta tempat laboratorium seni. Pusat seni dan budaya merupakan wadah untuk memenuhi ruang kegiatan kesenian dan kebudayaan sebagai ruang publik yang dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa membatasi latar belakang dari penggunanya. Ruang publik dengan keberagaman kebutuhan dari semua orang yang diwadahi dapat diselesaikan dengan pendekatan rancang desain inklusif, dalam pendekatan ini manusia sebagai faktor utama desain dan menghormati serta memenuhi keberagaman kebutuhan semua orang melalui aplikasi desain yang responsif, adaptif, dapat diakses dan aman. Penerapan desain inklusif terhadap rancangan menggunakan 5 prinsip desain inklusif dapat menghasilkan rancangan yang inklusif dari penataan masa bangunan, pengolahan ruang, bentuk bangunan dan penataan kawasannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhilah, Salmasalmafadhilah.sr@gmail.comH73216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Kebudayaan
Kesenian
Keywords: Pusat Seni dan Budaya; Kabupaten Sidoarjo; Prinsip Desain Inklusif; Desain Inklusif.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Salma Fadhilah
Date Deposited: 01 Apr 2021 10:42
Last Modified: 01 Apr 2021 10:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47242

Actions (login required)

View Item View Item