Analisis etika pemasaran islam dalam meningkatkan transaksi produk simpanan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilmiyah, Lutfiatul (2020) Analisis etika pemasaran islam dalam meningkatkan transaksi produk simpanan di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiatul Hilmiyah_C94213181.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi terhadap pemasar sekaligus pegawai KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera serta anggota pegawai KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemasaran Islam yang telah dilakukan oleh KSPPS Muamalah berkah Sejahtera telah sesuai dengan penerapan teori pemasaran Islam yang terdiri dari dua hal pokok. Pertama, penerapan praktik pemasaran Islam berdasarkan sifat Nabi Muhammad SAW yaitu jujur (siddiq), fatanah, amanah, tabligh dan istiqamah dalam keempat bauran pemasarannya. Kedua, etika pemasar Islam berdasaarkan etika pemasar Islam menurut Al – Ghazali. Transaksi produk simpanan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera terus mengalami peningkatan dari tahun 2017 sampai tahun 2019 dengan simpanan berjangka sebagai produk unggulan. Peningkatan produk simpanan dari tahun ke tahun dikarenakan anggota merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh koperasi dan mereka percaya dengan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Adapun transaksi pada tahun 2020 terus mengalami peningkatan pada bulan Januari hingga Maret, akan tetapi pada bulan April dan Mei mengalami penurunan. Hal ini disebabkan salah satunya karena masuknya pandemi covid-19 yang membuat masyarakat tidak sempat untuk menabung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilmiyah, Lutfiatullutfiah.hilmy01@gmail.comC94213181
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Etika
Keywords: Etika pemasaran Islam; produk simpanan; peningkatan transaksi produk simpanan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfiatul Hilmiyah
Date Deposited: 01 Apr 2021 13:05
Last Modified: 01 Apr 2021 13:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47220

Actions (login required)

View Item View Item