Interaksi sosial mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Eva Romza (2020) Interaksi sosial mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Romza Aini_I73216041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua pembahasan masalah yaitu bagaimana pola interaksi sosial mahasiswa penyandang disabilitas dengan masyarakat di dalam UIN Sunan Ampel surabaya dan bagaimana dampak dari interaksi sosial mahasiswa penyandang disabilitas dengan masyarakat di dalam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dengan rumusan masalah yang terlah disebutkan tersebut ada beberapa subbab pembahasan yang ada di dalamnya diantaranya pola interaksi sosial setiap golongan ketunaan mahasiswa penyandang disabilitas dengan individu lain atau pola interaksi sosial mahasiswa penyandang disabilitas di dalam suatu kelompok, ada pula bagaimana penyesuaian diri mahasiswa penyandang disabilitas dilingkungan UINSA, dan dampak yang diterima mahasiswa penyandang disabilitas dan mahasiswa lain dengan adanya interaksi sosial dan penyesuaian diri tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang peneliti gunakan dalam menganalisis fenomena yang ada di dalam lingkungan UINSA yaitu teori interaksional simbolik George Herbert Mead. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan temuan yaitu: (1) pola interaksi sosial yang dilakukan mahasiswa penyandang disabilitas di UINSA sesuai dengan ketunaan yang ada (tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa) memiliki 2 pola interaksi yaitu individu ke individu lainnya dan individu ke kelompok serta sebalinya.Dalam proses sosial mereka sangatlah berbedabeda, penyesuaian diri yang bersifat terus menerus dan berkelanjutkan dalam komunikasi, komunikasipun hanya sekedarnya saja, dan terkadang memiliki batas dalam komunikas.Mereka pun memiliki kesamaan dalam hal perkembangan dalam proses sosial, meski ada yang dalam jangka waktu cepat adapula yang lambat. Dalam berinteraksi sosial mahasiswa penyandang disabilitas itu juga memiliki cara komunikasi yang berbeda-beda tergantung ketunaan yang mereka alami. Hal ini akan terlihat interaksi sosial mereka dengan orang-orang yang ada di dalam kampus UINSA yaitu tementemannya atau mahasiswa lain, anggota-anggota UKM atau organisasi, dosen, dan petugas kebersihan kampus.(2) Dari aktivitas interaksi sosial akan terlihat dampak yang diterima oleh mahasiswa penyandang disabiltas dari interaksi mereka dengan mahasiswa lainnya bahkan sebaliknya. Ada dampak positif dan adapula dampak negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Eva Romzaevaromzaaini94gmail.comI73216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Penyandang Cacat
Perguruan Tinggi
Psikologi Sosial
Keywords: Interaksi Sosial; Penyesuaian Diri; Dampak; dan Mahasiswa Penyandang Disabilitas.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Eva Romza Aini
Date Deposited: 30 Mar 2021 00:24
Last Modified: 30 Mar 2021 00:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47212

Actions (login required)

View Item View Item