Ragam hias Arsitektur Masjid Astana Sultan Hadlirin Mantingan, Jepara, Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Imam (2021) Ragam hias Arsitektur Masjid Astana Sultan Hadlirin Mantingan, Jepara, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Setiawan_A92216077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitihan yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitihan sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendektan yang digunakan adalah sosio-budaya karena mengkaji mengenai kebudayaan manusia berupa seni.Teori yang digunakan dlam penelitihan ini adalah teori sosio-behavioristik Thorndike dan Watson. Hasil penelitihan ini menunjukkan bahwa (1) pemikiran tentang arsitektur sudah berubah dari waktu ke waktu, selalu ada perubahan dalam setiap masanya, zaman dahulu setiap ruang lokasi hidup manusia bisa dikatakan arsitektur, sedangkan perkembangan sekarang sudah bebagai macam jenis pengertiaan seperti kesenian, seni ukir/pahat, dan di seni ukir memiliki karakteristik dan motif-motif yang beragam (2) Pada sebelah Utara Kecamatan Tahunan berbatasan dengan Kecamatan Jepara dan Kecamatan Mlonggo, sedangkan pada sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pecanganan dan Kecamatan Kedung , dan pada sebelah Barat berbatasan dengan Laut Jawa, dan disebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Batealit (3) awal masjid Astana Sultan Hadlirin Mantingan berdiri sebagai tempat istirahatnya Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat dari hiruk piruknya masalah Kerajaan, Masjid itu berfungsi sebagai tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Imamimam11setiawan@gmail.comA92216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arsitektur
Budaya Islam
Masjid
Keywords: seni arsitektur; Masjid Astana Sultan Hadlirin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Setiawan Imam
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:21
Last Modified: 29 Mar 2021 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47200

Actions (login required)

View Item View Item