Perancangan community center dengan pendekatan Arsitektur Simbolisme di Kota Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Ananda Maulidia Rizqi (2021) Perancangan community center dengan pendekatan Arsitektur Simbolisme di Kota Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Maulidia Rizqi Cahyani_ H73216030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dunia perindustrian khususnya pada bisnis dan wirausaha di berbagai wilayah kini semakin berkembang guna menghadapi era revolusi indsutri. Faktor ini menyebabkan dampak terhadap masyarakat dalam bersaing. Ketersaingan dalam dunia bisnis industri mengakibatkan beberapa usaha bangkrut dan tidak mampu bersaing kembali. Karena kualitas ketenagakerjaan yang minim dan pola pikir masyarakat yang terbatas merupakan hambatan bagi sektor perndustrian dan kewirausahaan. Terlebih semakin majunya teknologi pada era sekarang sebagian masyarakat kurang memanfaatkan internet sebagai peluang bisnis dan kewirausahaan. Minimnya sebagian masyarakat untuk belajar menciptakan ide-ide kreasi baru dalam kewirausahaan dan bisnis menyebabkan ketertinggalan pada era revolusi dunia perindustrian. Faktor kurangnya fasilitas, sarana dan prasarana suatu tempat untuk mewadahi hal tersebut menjadikan keterbatasan kreatifitas dan inovasi dalam dunia perindustrian. Hal ini merupakan potensi yang cukup baik untuk dikembangkan. Gresik merupakan Kota Industri terbesar di Jawa Timur yang melekat kuat. Kota Gresik memiliki sisi perputaran ekonomi, bidang industri sektor terbesar di Kabupaten Gresik. Hal tersebut terlihat dari distribusi Pendapatan domestik regional bruto (PDRB). Dengan adanya perancangan Community Center bertujuan untuk mengaspirasi, mengedukasi dan menampung suatu kegiatan masyarakat dalam mengimbangi kemajuan sektor perindustrian. Sehingga community center ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat dalam menjalankan kegiatan komunitas perindustrian yang inovatif berdasarkan pendekatan perancangan simbolisme yang akan menerapkan konsep didalam perancangan community center. Mengingat Kota Gresik merupakan terkenal dengan sebutan Kota Santri maka Simbol yang dapat diangkat dalam perancangan ini ialah konsep ukhuwah. Ukhuwah merupakan yang menyatukan. Konsep menyatukan inilah yang akan diterapkan dalam desain community center yang terdiri dari berbagai macam perbedaan seperti individu dengan individu, kelompok dengan kelompok. Maka dari itu, dalam perancangan community center ini pendekatan simbolisme merupakan pendekatan yang lebih sesuai dalam mewujudkan elemen bangunan dan faktor pendukung lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Ananda Maulidia Rizqiaudyrizki959@gmail.comH73216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, RitaRita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@uinsby.ac.id197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Pembangunan
Wirausaha
Keywords: Perindustrian; Community Center; Simbolisme; Ukhuwah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ananda Maulidia
Date Deposited: 27 Mar 2021 12:56
Last Modified: 27 Mar 2021 12:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47187

Actions (login required)

View Item View Item