Efikasi diri mahasiswa rantau luar jawa dalam mengatasi culture shock

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusron, Maulana Alfin (2021) Efikasi diri mahasiswa rantau luar jawa dalam mengatasi culture shock. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Alfin Yusron_J71216112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menempuh pendidikan tinggi seringkali dibarengi dengan adanya perpindahan tempat tinggal, perbedaan budaya serta munculnya perbedaan kondisi geografis. Terlebih terjadi pada mahasiswa kalimantan tengah yang merantau kesurabaya untuk menempuh pendidikan tinggi. Mengingat surabaya dengan kalimantan memiliki perbedaan budaya yang cukup banyak. Perbedaan – perbedaan inilah yang seringkali memunculkan masalah baru terutama bagi para mahasiswa yang merantau seperti munculnya kekagetan budaya. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan skala culture shock untuk dilakukan screening atau menentukan bahwa mahasiswa tersebut mengalami culture shock. Kemudian akan diambil tiga orang informan dari 33 respondan. Kemudian dilakukan wawancara dan observasi terhadap mahasiswa yang memiliki skor skala culture shock yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efikasi diri mahasiswa rantau luar pulau Jawa dalam mengatasi culture shock. Hasilnya terdapat 2 faktor efikasi diri yang berpengaruh meningkatkan keyakinan diri mahasiswa kalimantan tengah yaitu a) Faktor Persuasi Sosial, b) Faktor Kondisi Emosional. Serta ditemukan 3 Proses Efikasi Diri yang dominan disebutkan dalam wawancaranya yaitu: a) Proses Kognitif, b) Proses Motivasi, c) Proses Afeksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusron, Maulana Alfinalfinbbm789@gmail.comJ71216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Kebudayaan
Psikologi Sosial
Budaya
Keywords: Mahasiswa Rantau; Efikasi Diri; Culture Shock.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Maulana Alfin Yusron
Date Deposited: 26 Mar 2021 10:16
Last Modified: 26 Mar 2021 10:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47169

Actions (login required)

View Item View Item