Perilaku Cybersex pada mahasiswa di Surabaya dalam perspektif teori Hiperrealitas Jean Baurdillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmala, Zazilatul (2020) Perilaku Cybersex pada mahasiswa di Surabaya dalam perspektif teori Hiperrealitas Jean Baurdillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidah Alifah Sa'adah_C91217142.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cybersex merupakan suatu aktvitas berbau seksual yang menggunakan media sebagai medium. Fenomena cybersex yang ada dimasyarakat saat ini banyak dialami oleh generasi muda terutama pada kalangan mahasiswa ditambah dengan mudahnya pengaksesan cybersex di media sosial menjadikan mahaaiswa mudah untuk melakukan aktivitas cybersex. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni 1) Bagaimana perilaku cybersex pada mahasiswa di Surabaya dan 2) Bagaimana dampak dari perilaku cybersex bagi mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang digunakan untuk mengkaji fenomena cybersex dengan menggunakan media sosial twitter sebagai platformnya secara mendalam dan dipaparkan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan hasil data yang ditemukan akan dianalisis dengan menggunakan teori Hiperrealitas dari Jean Baurdillard. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) perilaku cybersex yang dilakukan mahasiswa di Surabaya yaitu dengan menggunakan media sosial twitter yang dilakuakn secara sembunyi-sembunyi (Anonim), menggunakan media software (secara offline) dan terlibat real time dengan pasangannya. Berdasarkan penelitian ini mahasiswa berperilaku cybersex karena adanya dorongan eksternal maupun internal yang mempengaruhinya agar melakukan aktivitas cybersex. 2) dampak yang dirasakan mahasiswa setelah melakukan aktivitas cybersex. diantaranya yaitu merasakan kecanduan yang tinggi dan mengakibatkan ketergantungan akan aktivitas cybersex, serta adanya perubahan kepribadian. Meskipun ada mahasiswa yang melakukan aktivitas cybersex dikarenakan edukasi dan rasa ingin tahu, namun dampak yang di dapatkan bisa menjadi buruk jika mereka salah dalam menerapkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmala, Zazilatulzazilatulfatmala98@gmail.comI73216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Perilaku
Perilaku > Perilaku Seksual
Keywords: Cybersex; Media Sosial; Hiperrealitas.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: zazilatul fatmala
Date Deposited: 24 Mar 2021 15:09
Last Modified: 24 Mar 2021 15:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47162

Actions (login required)

View Item View Item