Pemikiran Ali Sya’riati dan perjuangannya dalam Revolusi Islam Iran (1933-1977)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihsan, Muhammad Thoriqul (2021) Pemikiran Ali Sya’riati dan perjuangannya dalam Revolusi Islam Iran (1933-1977). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Thoriqul Ihsan_A92216090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam tulisan skripsi ini akan menjelasakan perjuangan Ali Syari’ati dan pengaruhnya terhadap revolusi Islam Iran. Pokok permasalahannya yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah bagaimana perjuangan Ali Syari’ati untuk mewujudkan gerakan Revolusi Iran? Dari penelitian ini penulis menemukan rumusan bahwa pemikiran yang mendasarai Ali Syari’ati untuk berjuang mewujudkan revolusi Iran dilandasi dengan agama Islam. Islam sebagai penggerak perjuangannya, Islam sebagai Ideologinya, Islam Sebagai penggerak revolusinernya, bukan Islam sebagai ajaran ritual. Ali Syari’ati berhasil menawarkan sosok Islam bersifat revolusioner akhrinya bisa ditrasformasikan menjadi landasan gerakan revolusi Islam. Sedangkan dalam upaya untuk menyebarkan gagasannya ia melakukan pidato-pidato dari mimbar kampus, sampai tempat umum, serta menulis buku, majalah, surat kabar. Dari gambarkan di atas maka penulis tertarik mendalami pemikiran Ali Syari’ati tentang revolusi Iran. Bagaimana latar belakang kehidupan dan pengaruhnya Ali Syari’ati? Bagaimana pemikiran revolusi Islam Ali Syari’ati? Apa yang menjadi landasan Ali Syari’ati dalam membangun revolusi Islam Iran ?. Penelitian ini bersifat kualitatif, penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan (Library Research). Lewat penelitin ini penulis menemukan bahwa pemikiran Revolusi Islam Ali Syari’ati di pengaruhi oleh sosok Abu Dzar Al Ghiffari, Ali Syari’ati belajar sosok Abu Dzar ketika study di Paris. Melalui sosok Abu Dzar ia belajar dan menemukan wawasan baru terkait pemikirannya tentang Islam. Kemudian ia mengsinkronkan pemikirannya setelah belajar dari pemikiran Abu Dzar dengan kondisi Iran saat itu. Kemudian menurut Ali Syari’ati masyarakat Iran khususnya para pemuda perlunya mengetahui sosok Abu Dzar yang sebenarnya. Ali Syari’ati memberikan penjelasan Islam Rakyat yaitu Islam perlawanan terhadap kezaliman. Bukan Islam Marwan / kekuasaan mengarah kezaliman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihsan, Muhammad Thoriqulthoriqul10@gmail.comA92216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, M.--2017075901
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Pemikiran
Keywords: Pemikiran Ali Syari‟ati; Perjuangannya; Revolusi Islam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ihsan Muhammad Thoriq
Date Deposited: 23 Mar 2021 11:09
Last Modified: 23 Mar 2021 11:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47123

Actions (login required)

View Item View Item