Analisis indeks harga konsumen terhadap indeks harga bahan makanan, sandang, dan kesehatan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bisri, M. Hasan (2020) Analisis indeks harga konsumen terhadap indeks harga bahan makanan, sandang, dan kesehatan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hasan Bisri_H72216059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indeks Harga Konsumen merupakan salah satu indikator penting dalam per- ekonomian suatu negara untuk memberikan informasi perkembangan harga komo- ditas suatu barang atau jasa. Perubahan Indeks Harga Konsumen dari waktu ke waktu akan menunjukkan kenaikan (inflasi) atau penurunan (deflasi) harga barang atau jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat. Apabila terjadi inflasi dalam jangka waktu yang panjang akan membuat pertumbuhan ekonomi suatu negara menjadi tidak baik, sehingga masyarakat di negara tersebut tidak sejahtera dan berakibat se- makin bertambahnya pengangguran. Penelitian ini bertujuan untung menganalisis pengaruh Indeks Harga Bahan Makanan, Indeks Harga Sandang, dan Indeks Harga Kesehatan terhadap Indeks Harga Konsumen di Kota Surabaya. Data yang digu- nakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang dapat diperoleh langsung dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya dan termasuk data bulanan yang dimulai dari bulan Januari tahun 2018 sampai bulan Desember tahun 2019. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda yang dimana akan diolah menggunakan program aplikasi komputer yaitu Eviews 10 SV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Harga Bahan Makanan, Indeks Harga Sandang, dan Indeks Harga Kesehatan secara parsial mempengaruhi Indeks Harga Konsumen. Hal ini karena nilai perhitungan secara berturut-turut sebesar 8,652631 , 6,123235 , dan 17,22932 jika dibandingkan dengan nilai tabel sebesar 1,72472 sehingga disimpulkan semua variabel independen yang diuji berpengaruh terhadap variabel dependen. Selanjutnya dalam pengujian koefisien determinasi mengha- silkan bahwa 99% Indeks Harga Konsumen dipengaruhi oleh Indeks Harga Bahan Makanan, Indeks Harga Sandang, dan Indeks Harga Kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bisri, M. Hasanbisri7940@gmail.comH72216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Bahan Pokok
Ekonomi
Indeks
Keywords: Indeks Harga Konsumen; Inflasi; Regresi Linear Berganda.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: M. Hasan Bisri
Date Deposited: 23 Mar 2021 10:15
Last Modified: 23 Mar 2021 10:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47093

Actions (login required)

View Item View Item