Strategi Shalahuddin Al-Ayyubi dalam mengambil alih Yerusalem 1187-1192 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Eka Puji (2020) Strategi Shalahuddin Al-Ayyubi dalam mengambil alih Yerusalem 1187-1192 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Puji Lestari_A92216119.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis. Dengan pendekatan historis, penulis dapat mengungkapkan sejarah latar belakang tentang keterkaitan Shalahuddin Al-Ayyubi dalam Perang Salib. Penulis berupaya merekontruksi kembali peristiwa yang sudah tidak ada saksi hidupnya lagi, sehingga dapat melakukan analisis dari berbagai kajian kepustakaan. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori peran dan teori kepemimpinan kharismatik, dimana Shalahuddin Al-Ayyubi merupakan pelaku utama yang berperan penting dalam Perang Salib dan juga merupakan sosok pemimpin kharismatik yang mampu memimpin pasukan Islam hingga mampu merebut Yerusalem dari tangan Pasukan Salib. Sedangkan Pasukan Salib itu sendiri merupakan sasaran dari pelaku utama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Shalahuddin Al-Ayyubi dilahirkan di Benteng Tirkit, besar di Damaskus dan Baghdad hingga menjadi seorang panglima perang umat Islam yang mampu merebut kembali Yerusalem dari tangan Pasukan Salib. (2) Penyebab terjadinya Perang Salib yaitu adanya peristiwa Manzikart, dimana Alp Arselan penguasa Dinasti Saljuk mampu mengalahkan pasukan Byzantium yang berkekuatan 200.000 pasukan. Karena tidak terima dengan kekalahan tersebut, Paus Urbanus II menyerukan maklumat untuk melakukan perang terhadap Pasukan Muslim, yang dikenal dengan Perang Salib. (3) Adapun peran yang dilakukan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi adalah membuat strategi-strategi agar mampu mengalahkan Pasukan Salib. Adapaun Strategi tersebut adalah ekspansi wilayah, sikap toleransi, persejantaan, banteng-benteng pertahanan untuk mencegah laju ekspansi wilayah dari musuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Eka Pujitekazuma8@gmail.comA92216119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Ridwan, M. Ridwan--2017075901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Shalahuddin Al-Ayyubi; Perang Salib; Yerusalem.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Lestari Eka Puji
Date Deposited: 21 Mar 2021 13:16
Last Modified: 21 Mar 2021 13:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47077

Actions (login required)

View Item View Item