Study kepercayaan masyarakat terhadap Kekeramatan Goa Kucing di Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farizi, Muhammad Salman (2021) Study kepercayaan masyarakat terhadap Kekeramatan Goa Kucing di Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Salman Farizi _A92216129.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis menggunakan metode etnografi. Dalam peunlisan ini menggunakan empat tahap yaitu: Memilih informan, Melakukan wawancara dan pengamatan, Membuat catatan etnografi, dan Mengajukan pertanyaan deskriptif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sinkronik. Dalam berfikir sinkronik ini yaitu memahami kehidupan sosial luas. Memahami sebuah kehidupan sosial yang dikaji dari beberapa aspek, seperti geografi, ekonomi, kepercayaan, struktur sosial dan lembaga-lembaga sosial lainnya. Dalam hal ini menggunakan teori antropologi kognitif yang dikembangkan oleh Ward H. Goodenough. Hasil dari penelitian, disimpulkan bahwa keberadaan Goa kucing dianggap keramat oleh masyarakat setempat, karena dipercaya singgahannya Syekh Maulana Ishak. Aktivitas di Goa kucing banyak di kunjungi masyarakat pada malam jumat legi, karena pada malam itu masyarakat yakin dalam doa-doanya cepat terwujudkan dan tradisi istighosah yang diadakan setiap tahun pada bulan rajab. Selain itu juga terdapat ritual megambil air dan pasir yang digunakan sebagai pengobatan. Dalam pandangan masyarakat juga percaya adanya keberkahan dalam hidup setelah berziarah ke Goa Kucing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farizi, Muhammad Salmanfaja4748@gmail.comA92216129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arkeologi
Islam > Kepercayaan, Aliran
Keywords: Keramat; Syekh Maulana Ishak; Kepercayaan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Salman Farizi
Date Deposited: 14 Mar 2021 13:32
Last Modified: 14 Mar 2021 13:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47031

Actions (login required)

View Item View Item