Peran Ir. H. Djuanda Kartawidjaya dalam meneguhkan wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia (1934-1963)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibisono, Syahrul Ramadhan (2021) Peran Ir. H. Djuanda Kartawidjaya dalam meneguhkan wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia (1934-1963). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrul Ramadhan Wibisono_A92217137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengetahui kontribusi dari Ir. H. Djuanda Kartawidjaya dalam konteks kekinian serta menunjukkan sebagai sosok yang pantas ditiru oleh generasi masa kini. Penelitian ini dilakukan menggunakan langkah-langkah metode penelitian sejarah, diantaranya yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dan adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Historis dan sosiologis. Pendekatan historis untuk menggambarkan kejadian masa lampau, dan pendekatan sosiologis untuk menganalisis peristiwa social yang berkaitan dengan Ir. H. Djuanda Kartawidjaya. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori dari Max Webber yaitu teori kharismatik.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti mendapatkan kesimpulan (1) Ir. H. Djuanda Kartawidjaya merupakan pria kelahiran tasikmalaya 14 Januari 1911 dari pasangan suami istri R. Kartawidjaya dan Nyi Momot. Ir. H. Djuanda merupakan lulusan THS Bandung, karirnya berawal dari seorang guru Muhammadiyah dan berkembang menjadi menteri (2) Ir. H. Djuanda memiliki banyak jasa dalam perjuangannya semasa menitih karir mulai dari program pembangunan lima tahunan, menjadi administrator negara yang ulung dan juga mendeklarasikan wilayah laut Indonesia yang dikenal dengan Deklarasi Djuanda (3) banyak jasanya yang hingga saat ini dapat kita rasakan salah satu Deklarasi Djuanda yang menyatukan wilayah Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibisono, Syahrul Ramadhansyahrulramadhanwibisono@gmail.comA92217137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Nur MukhlishMukhlish_73@yahoo.co.id2001107302
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah
Keywords: Ir. H. Djuanda Kartawidjaya; NKRI.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Syahrul Ramadhan Wibisono
Date Deposited: 14 Mar 2021 09:01
Last Modified: 14 Mar 2021 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47016

Actions (login required)

View Item View Item