Pengaruh Shalat Tahajud relaksasi terhadap penurunan perilaku stres mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Bimbi Sukma (2020) Pengaruh Shalat Tahajud relaksasi terhadap penurunan perilaku stres mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bimbi Sukma Pertiwi_B93216076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Shalat Tahajud Relaksasi Terhadap Penurunan Perilaku Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, sekaligus guna mengetahui seberapa besar tingkat pengaruhnya dalam menurunkan perilaku stres. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan diatas, maka peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design. Dan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis Uji Paired Sample T-Test dan Uji Pretest dan Posttest. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan Uji Paired Sample T-Test memperoleh hasil bahwa adanya pengaruh dari Shalat Tahajud Relaksasi terhadap penurunan stres mahasiswa tingkat akhir, hal ini dibuktikan dengan hasil output SPSS, yaitu 0,000 < 0,050. Sedangkan untuk Uji Pretest dan Postest diperoleh hasil bahwa besar tingkat pengaruh Shalat Tahajud Relaksasi terhadap penurunan stres sebesar 70%. Apabila diinterpretasikan, angka 70% tergolong pengaruh kuat. Sehingga, Shalat Tahajud Relaksasi berpengaruh kuat terhadap penurunan stres mahasiswa tingkat akhir. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa Shalat Tahajud Relaksasi berpengaruh kuat terhadap penurunan perilaku stres mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Bimbi SukmaBimbisukma39.bs@gmail.comB93216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdakurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Agama
Bimbingan Konseling
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Shalat Tahajud Relaksasi; Stres; dan Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Bimbi Sukma
Date Deposited: 14 Mar 2021 08:40
Last Modified: 14 Mar 2021 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47000

Actions (login required)

View Item View Item