Eksistensi makelar sapi di Era Digital: studi di Pasar Sapi Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Ahmad Rozaqi (2021) Eksistensi makelar sapi di Era Digital: studi di Pasar Sapi Babat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Rozaqi Ramadhan_I03216001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana eksistensi makelar sapi di era digital.Eksistensi makelar sapi di era digital sangat menarik untuk dikaji karena perkembang teknologi dan internet yang terjadi di era digital bisa saja mempengaruhi eksstensi dari seorang makelar sapi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara sosiologi bagaimana era digital ini mempengaruhi eksistensi makelar sapi. Perkembang teknologi dan internet di era digital akan memudahkan pola jual-beli yang terjadi di Pasar Sapi tersebut. Penlitian ini menggunakan metode kualitatif.Peneltian ini menggunakan teori struktural fungsional dari Talcott Parsons yang menurut peneliti relevan dengan fokus pembahasan peneliti mengenai eksistensi makelar sapi di era digital.Penelitian ini menunjukkan bahwa pasar sapi memiliki sistem dan komponen di dalamnya.Komponen tersebut merupakan penjual, pembeli dan makelar. Dalam teori struktural fungsional suatu perubahan ini akan mempengaruhi komponen dalam pasar. Era digital dan teknologi ini akan memberikan perubahan dalam pola jual-beli sapi di pasar sapi tersebut. Dan sifat dari struktural fungsional jika terjadi perubahan dari satu komponen akan mempengaruhi komponen yang lain. Jika teknologi dan internet di era digital mempengaruhi pola penjualan dari seseorang misalnya melalu platform facebook.maka secara tidak langsung seorang makelar ini juga haru bisa memanfaat teknologi dan internet untuk tetap bisa berfungsi dalam pola jual-beli sapi tersebut untuk tetap bisa eksis dan menjaga kesetabilan dari suatu sistem yang sudah berjalan di pasar tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Ahmad Rozaqiahmadrozaqi435@gmail.comI03216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Sosiologi
Budaya
Keywords: Makelar; Era Digital; Eksistensi.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ahmad Rozaqi
Date Deposited: 14 Mar 2021 09:46
Last Modified: 14 Mar 2021 09:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46978

Actions (login required)

View Item View Item