Pola komunikasi lintas budaya Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Internasional Thailand

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himam, Aliyul (2018) Pola komunikasi lintas budaya Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Internasional Thailand. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliyul Himam_B76214026.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46893

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu memahami proses komunikasi lintas budaya serta akulturasi budaya yang terjadi pada mahasiswa KKN-PPL Terpadu Internasional Thailand, lalu yang kedua adalah memahami pola komuniksi verbal dan non-verbal yang dilakukan mahasiswa dalam berkomunikasi dan bersosialisasi di Thailand. Untuk menjaga fokus penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode kasul-komparatif yang berguna untuk menyelidiki mengenai komunikasi lintas budaya mahasiswa KKN-PPL internasional dengan cara menyelidiki lewat pengamatan terhadap konsekuensi yang sudah terjadi dan menengok ulang data yang ada, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran George Herbert Mead, sehingga diperoleh pola dari bahasa atau simbol signifikasi yang mendalam tentang komunikasi lintas budaya tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Proses komunikasi budaya adalah antara mahasiswa KKN-PPL internasional; melalui aplikasi whatsapp, pertemuan-pertemuan di kantor konsulat RI Songkhla dan acara Badan Alumni Thailand Selatan. Selanjutnya komunikasi lintas budaya mahasiswa dengan masyarakat Thailand; para siswa-siswi dan guru-guru di sekolah serta masyarakat Thailand secara luas, proses komunikasi tersebut melalui bidang pendidikan, sosial, budaya dan Islamic studies, pada akhirnya akulturasi budaya juga terjadi pada empat bidang tersebut. (2) Terdapat pola komunikasi verbal dan non-verbal. Mahasiswa berkomunikasi menggunakan bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa Thai, Bahasa Inggris dan Arab, yang disesuaikan dengan lawan bicara atau mitra komunikasinya. Sedangkan dalam proses komunikasi non-verbal mahasiswa menggunakan simbol seperti gerak tubuh, kontak mata, bahasa isyarat, menggunakan media gambar atau menunjuk barang secara langsung, dan aplikasi google translate adalah media yang paling sering digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himam, Aliyulhalo.himam@gmail.comB76214026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulhan, M. Hamdun--2012035402
Subjects: Budaya - Agama
Komunikasi
Keywords: Komunikasi Lintas Budaya; Mahasiswa KKN-PPL; Thailand
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:21
Last Modified: 03 Mar 2021 03:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46893

Actions (login required)

View Item View Item