Efektivitas penerapan Akad Paronan dalam perspektif Muzāra’ah pada sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Taman Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athiyah, Nuun Faizatul (2020) Efektivitas penerapan Akad Paronan dalam perspektif Muzāra’ah pada sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Taman Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuun Faizatul Athiyah_G04216068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan informan dalam penelitian ini, yakni masyarakat Desa Taman, Kepala Desa Taman, dan berbagai pihak yang terlibat dengan objek penelitian. Hasil penelitian yang didapat adalah Efektivitas Penerapan Akad Paronan dalam Perspektif muzāra’ah yang dilakukan oleh petani Desa Taman yang merupakan sistem kerjasama yang dilakukan oleh pemilik tanah dan penggarap tanah, dimana sistem kerjasama tersebut merupakan jembatan petani dalam memenuhi kebutuhan dan juga mengembangkan potensi yang dimiliki, dimana mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Taman adalah sektor pertanian, yang dapat menimbulkan kesejahteraan pada masyarakat Desa Taman. Keadaan masyarakat Desa Taman Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang Madura bisa dikatakan mereka hidup dengan efektiv dan sejahtera berdasarkan dari minat atau potensi yag dilakukan masyarakat Desa Taman itu sendiri, yakni mereka dimudahkan dalam mencari pekerjaan yaitu dengan terbukanya lapangan pekerjaan seperti penerapan Paronan. Biasanya anggota keluarga makan dua kali, sekarang bisa lebih. Tempat tinggal yang ditempati ada perubahan yang semula tidak ada atap, tanpa dinding, sekarang dilengkapi atap dan dinding yang baik. Dengan adanya penerapan akad paronan perspektif muzāra’ah seperti yang telah diterapkan oleh masyarakat Desa Taman ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Taman Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang Madura, serta keadaan masyarakatnya yang selalu ada perkembangannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Efektivitas; Penerapan paronan; Kesejahteraan Masyarakat.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athiyah, Nuun Faizatulnun.queen95@gmail.comG04216068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bagi Hasil
Ekonomi Islam
Pertanian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NUUN FAIZATUL ATHIYAH
Date Deposited: 03 Mar 2021 10:21
Last Modified: 03 Mar 2021 10:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46881

Actions (login required)

View Item View Item