Fenomena kader komunitas eks-HTI UNESA pasca pembubaran ormas HTI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gustiani, Mona (2020) Fenomena kader komunitas eks-HTI UNESA pasca pembubaran ormas HTI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mona Gustiani_E91216060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keberadaan kader komunitas eks-HTI UNESA yang berwujud sebagai komunitas Muslimah Mengaji. Mereka melakukan dakwah untuk meneyebarkan ideologi HTI serta menarik anggota baru. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi pandangan anggota komunitas Muslimah Mengaji UNESA atas pembubaran HTI oleh pemerintah, serta untuk mengetahui model rekrutmen kader yang dilakukan mereka pasca ormas HTI dibubarkan. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik sebagai analasis dari hasil penelitian yang penulis dapatkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa anggota komunitas Muslimah Mengaji UNESA tidak setuju atas pembubaran ormas HTI yang dilakukan secara paksa oleh pemerintah. Walupun begitu, mereka tetap akan terus menyebarkan dakwah dan melakukan rekrutmen kader untuk menambah dukungan atas visi dan misi mereka. Dalam melakukan rekrutmen, komunitas Muslimah Mengaji UNESA menggunakan model rekrutmen dengan cara berkamuflase dan menunggangi trend hijrah serta memanfaatkan momen-momen hari besar Islam dan memanfaatkan permasalahan yang sedang trend di Indonesia dengan mengadakan kajian umum. Dari model tersebut, ternyata ada niat terselubung dari mereka, yaitu untuk mempengaruhi dan menarik mahasiswi UNESA agar dapat memasuki tiga tahapan dalam proses rekrutmen kader komunitas Muslimah Mengaji UNESA. Tiga tahapannya yaitu, tahap pembinaan, berinteraksi dengan umat dan pengambil alihan kekuasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gustiani, Monamonagustiani98@gmail.comE91216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Islam > Islam, Aliran dan Sekte
Aliran dan Sekte
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kader; Eks-HTI; Pasca Pembubaran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mona Gustiani
Date Deposited: 02 Mar 2021 21:11
Last Modified: 02 Mar 2021 21:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46880

Actions (login required)

View Item View Item