Agama dan Gender: studi tentang kepemimpinan spiritual dalam Katolik dan Protestan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftahul (2020) Agama dan Gender: studi tentang kepemimpinan spiritual dalam Katolik dan Protestan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Jannah_E72214028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini juga dijelaskan bahwasannya gender dan sex mempunyai perbedaan yang dimana perbedaan tersebut seringkali dikesampingkan. Sehingga banyak sekali yang menyamakan sesuatu yang kodrati atau tidak dapat dirubah dan yang sifat yang dapat dirubah. Keadaan tersebutlah yang berdampak pada ketidakadilan gender. Gender ada pada sifat atau karakter yang ada pada diri seseorang dan hal tersebut dapat diubah, tetapi sex atau jenis kelamin adalah sebuah ciri biologis yang tidak dapat ditukarkan. Masih banyak masyarakat mempunyai pandangan bahwa sifat ataupun karakter tidak dapat ditukarkan dan melalui budaya patriakhi pemahaman tersebut semakin parah. Seperti yang terdapat pada kepemimpinan, pelabelah pada diri seorang perempuan adalah makhluk yang lemah memberikan aturan pada kaum Hawa bahwa mereka harus berada di bawah kuasa laki-laki, tunduk dan mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan. Pemaknaan tersebut juga dipraktekkan dalam ruang lingkup keagamaan. Terdapat dalam agama Katolik bahwa tempat perempuan adalah sebagai pembantu laki-laki, dan rendahnya seorang perempuan didasari oleh kesalahan Hawa yang tergoda akan tipu muslihat setan. Berbeda dengan agama Protestan mengumpulkan wanita dengan tujuan untuk membebaskan belenggu dalam tubuh perempuan. meskipun pada mulaya tujuan itu tidak semerta-merta berjalan dengan baik, tetapi dukungan dari semua perempuan yang ada menjadikan pada abad ke sembilan belas terdapat gereja yang berani mentahbiskan perempuan menjadi seorang diaken.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftahulmiftahuljan2ah.s@gmail.comE72214028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@gmail.com2018057203
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Gender; Agama Katolik; Agama Protestan; Pendeta perempuan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 03 Mar 2021 11:57
Last Modified: 03 Mar 2021 11:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46871

Actions (login required)

View Item View Item