Konflik petani tembakau di Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep dengan pengepul: ditinjau dari teori konflik Karl Marx

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanjani, Moh Ruslan Aditiya (2021) Konflik petani tembakau di Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep dengan pengepul: ditinjau dari teori konflik Karl Marx. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Ruslan Aditiya Sanjani_I03217010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana konflik petani tembakau dengan pengepul di desa Prancak kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep dan apa faktor pemicu konflik petani tembakau di desa Prancak kecamatan Pasongsongan kabupaten Sumenep. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai pendapat para petani, apparat desa dan penggiat tembakau dalam menyikapi konflik petani tembakau dengan pengepul. Penelitian ini menggunakan kerangka teori konflik Karl Marx untuk menjawab rumusan masalah yang berkaitan dengan konflik yang terjadi pada petani dan pengepul di desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis data deskriptif, karena dengan metode ini bisa menggambarkan dan menjawab permasalahan yang ada pada rumusan masalah. Sedangkan teknik pengumpulan yang di gunakan peneliti adalah data observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan data yang di perlukan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Bagaimana bentuk konflik yang terjadi di antara petani tembakau di desa Prancak dengan pengepul bahwa petani disini sebagai kaum yang lemah selalu mengalami eksploitasi dari pihak pengepul dengan menggunakan kekuasaan mereka berupa modal dan relasi yang kuat dengan pihak perusahaan. (2) factor-faktor yang menjadi pemicu adanya konflik ini adalah karena masalah perekonomian, peraturan dan relasi yang kuat antara pengepul dengan pihak perusahaan sebagai puncak rantai tembakau. Puncak dari konflik ini adalah demonstrasi yang dilaksanakan di depan gedung DPRD Sumenep yang didalamnya ada petani serta mahasiswa yang ikut dalam aksi permasalahan tembakau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanjani, Moh Ruslan Aditiyaaditiyasanjani@gmail.comI03217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Dakwah > Konflik
Konflik sosial
Keywords: konflik; Petani dan pengepul; Pengepul tembakau.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Moh Ruslan Aditiya Sanjani
Date Deposited: 02 Mar 2021 09:25
Last Modified: 02 Mar 2021 09:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46850

Actions (login required)

View Item View Item