Penerapan pembiayaan layanan berbasis jamaah melalui akad Qardhul Hasan dalam pengembangan usaha mikro: studi kasus di BMT NU cabang Kota Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Hanifah (2020) Penerapan pembiayaan layanan berbasis jamaah melalui akad Qardhul Hasan dalam pengembangan usaha mikro: studi kasus di BMT NU cabang Kota Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifah Fauziyah_G94216167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan responden yang merupakan staff dari BMT NU Cabang Kota Sumenep dan anggota pembiayaan LASISMA di Desa Marengan. Segala bentuk pembiayaan yang ada di BMT NU Cabang Kota Sumenep semuanya merupakan pembiayaan yang berbasis syariah. Termasuk salah satunya adalah pembiyaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) melalui akad qard}ul hasan yang ada di BMT NU. BMT NU Cabang Kota Sumenep mengambil andil untuk membantu memandirikan usaha mikro dengan cara memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha mikro. Tak hanya dalam hal bantuan permodalan saja, BMT NU Cabang Kota Sumenep juga memberikan bimbingan yang disebut dengan Pendidikan Dasar (DIKDAS) untuk membekali para anggota pembiayaan dengan pengetahuan-pengetahuan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki anggota. Para narasumber berhasil menambah produk jualan yang juga bisa menambah penghasilan para anggota. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan program LASISMA di BMT NU Cabang Kota Sumenep merupakan program syariah. BMT NU menerapkan program LASISMA dengan persyaratan yang sesuai syarat dan hukum yang ada pada pembiayaan qard{ul hasan. BMT NU turut membantu pengembangan usaha masyarakat Kecamatan Kota Sumenep yang menjadi penerima pembiayaan LASISMA. Hal ini dilakukan dengan upaya berupa bantuan modal dan bimbingan pengembangan usaha sehingga pelaku usaha anggota program LASISMA dapat meningkatkan omset penjualannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Hanifahhanifahhhfauziyah@gmail.comG94216167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhammad, Yazidmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank Koperasi
Keywords: Pembiayaan Kelompok BMT; Pembiayaan; Qardhul Hasan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanifah Fauziyah
Date Deposited: 02 Mar 2021 13:51
Last Modified: 02 Mar 2021 13:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46844

Actions (login required)

View Item View Item