Upaya penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Daring di MI Roudhotul Ulum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Auliyah Imaroatul (2021) Upaya penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Daring di MI Roudhotul Ulum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliyah Imaroatul Hidayah_D97216049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Degradasi moral bukan merupakan suatu perkara yang baru di Indonesia, bulliying dan kasus kriminal kerapkali terjadi.Maka dari itu pendidikan karakter merupakan suatu solusi yang tepat atas terjadinya degradasi moral yang ada.Pendidikan karakter harus bermula dari keluarga, sekolah, dan lingkungan bermain.Dalam lingkup sekolah pendidikan karakter dilakukan dengan pembiasan kegiatan keagamaan dan ektrakulikuler tetapi akibat dari pandemic Covid-19 ini, pemerintah mewajibkan semua intansi pendidikan menerapkan pembelajaran daring.Dengan diterapkannya pembelajaran daring pendidikan karakter yang didapat dari pembiasaan kegiatan keagamaan dan ektrakulikuler tidak dapat dilaksanakan kembali.Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untukmeneliti dan menelaah bagaimana upaya sekolah dan guru penerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui upaya penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring di MI Roudlotul Ulum Mojosari Mojokerto. 2) Mengetahui Faktor – faktor yang menjadi pendukung dan penghambat MI Roudlotul Ulum dalam upaya penguatannilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran daring.Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus.Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian peneliti menganalisis data menggunakan analisis deskritif kualitatif oleh Miles dan Huberman. Dan dilanjutkan pengujian keabsahan data dengan Trianggulasi, lalu dianalisis menggunkan teori pendidikan karakter dan teori pembelejaran daring.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring di MI Roudlotul Ulum ditinjau dari 3 aspek 1) dari RPP, PPK muncul pada bagian : mengucap salam ,melaksanakan do’a bersama, membaca SKUA, himbauan agar selalu mematuhi protocol kesehtan, kegiatan ubudiah seperti, membaca surah-surah pendek, sholat dhuha virtual. 2)Pelaksanaan Pembelajaran muatan PPK sesuai dengan RPP yang sudah di buat, dalam pelaksanaannya guru menggunakan dua type pembelajaran daring yaitu Asynchronous Learning dan Synchronous Learning.3)Evaluasi Pendidikan Karakter guru menggunakan self Assessment dan lembar kegiatan di rumah. Faktor penghambat dan pendukung PKK adalah: sarana prasarana yang tidak memadai, latar belakang keluarga dan lingkungan, keterbatasan waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Auliyah Imaroatulimaroaulia@gmail.comD97216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZumrotul, mukaffazumrotul_mukkafa@yahoo.com2015107003
Thesis advisorTaufik, taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pendidikan karakter; Pembelajaran daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Auliyah Imaroatul Hidayah
Date Deposited: 28 Feb 2021 07:46
Last Modified: 28 Feb 2021 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46829

Actions (login required)

View Item View Item