Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam diseminasi informasi melalui media sosial di Kelurahan Gundih Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardhana, Shofi Hadi (2021) Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam diseminasi informasi melalui media sosial di Kelurahan Gundih Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofi Hadi Wardhana_I03217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan informasi saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Kelompok Informasi Masyarakat ini adalah salah satu program kerja pemerintah untuk mendukung terwujudnya masyarakat informasi. Program ini ditujukan kepada masyarakat dengan tujuan memaksimalkan manfaat informasi di kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pola diseminasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam proses diseminasi dan respon masyarakat terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kelurahan Gundih. Untuk menjawab rumusan masalah diatas menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk melihat fenomena yang terjadi pada Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dalam Diseminasi Informasi Melalui Media Sosial di Kelurahan Gundih Kota Surabaya adalah teori struktural fungsional tinjauan Tallcot Parson. Maka dari itu penelitian tersebut diperoleh beberapa kesimpulan bahwa: (1) Pola diseminasi KIM dilakukan melalui media sosial berupa instagram, blog, channel youtube, dan whatssap. Penggunaan media sosial dioptimalkan untuk menanggulangi kesenjangan informasi. Meskipun menemui berbagai hambatan akibat penggunaan media sosial seperti kuota internet, kurangnya pemahaman warga dalam membaca informasi, dan penggunaan smartphone. (2) Peran yang telah dilakukan Kelompok Informasi Masyarakat di Kelurahan Gundih (KIM Gundih) sebgai fasilitator, mediator dan inovator membantu stakeholder setempat dan masyarakat. (3) KIM Gundih mendapat respon positif dari pemangku wilayah (RT/RW) dan warga gundih. Respon negatif juga didapatkan karena kurang pemahaman warga gundih mengenai tugas dan fungsi keberadaan KIM di wilayahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardhana, Shofi Hadishofiwardhana@gmail.comI03217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamaltaufiq70@gmail.com2002087005
Subjects: Masyarakat
Organisasi Masyarakat
Informasi
Keywords: Kelompok Informasi Masyarakat (KIM); Diseminasi Informasi; Media Sosial.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Shofi Hadi Wardhana
Date Deposited: 02 Mar 2021 09:53
Last Modified: 02 Mar 2021 09:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46827

Actions (login required)

View Item View Item