Belanja online sebagai bentuk perubahan gaya hidup perempuan masa kini di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jazilah, Husainatul (2021) Belanja online sebagai bentuk perubahan gaya hidup perempuan masa kini di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husainatul Jazilah_I73217030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan belanja online sudah tidak asing lagi bagi para perempuan masa kini terutama pada kalngan mahasiswi di Desa Dadapan. Belanja online dinilai sangat memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, karena kegiatan belanja online dilakukan tanpa harus bertatap muka dengan penjual, kegitan ini dilakukan melalui jaringan internet, media sosial, dan juga aplikasi belanja online yang tersedia. Kegiatan ini bisa dibilang praktis karena tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, tetapi kepraktisan inilah yang membuat gaya hidup para perempuan di Desa Dadapan menjadi berubah. Penelitian ini berfokus pada pembahasan belanja online sebagai bentuk perubahan gaya hidup perempuan masa kini. Ada dua pokok permasalahan yang dibedah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana perubahan gaya hidup perempuan di Desa Dadapan saat berbelanja online. Kedua, apa faktor yang mempengaruhi perempuan di Desa Dadapan menjadi pelaku shopaholic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami perubahan gaya hidup dibalik tindakan para perempuan di Desa Dadapan dalam berbelanja online, selain itu juga untuk mencari pendapat para perempuan di Desa Dadapan mengenai faktor yang mempengaruhi menjadi pelaku shopaholic. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dibedah dengan merujuk pada teori masyarakat konsumsi Jean baudrillard. Penemuan dari penelitian ini adalah: 1) Belanja online dalam membentuk perubahan gaya hidup perempuan masa kini di Desa Dadapan yaitu Gaya hidup berubah mengikuti perkembangan zaman, gaya hidup berubah menjadi boros dikarenakan dalam hitungan satu bulan tidak cukup untuk membeli satu barang, gaya hidup berubah seiring berkembangnya zaman, gaya hidup berubah mengikuti trend yang sedang viral, gaya hidup berubah dikarenakan maketplace memberikan gambar terbaik untuk menarik hati customer, gaya hidup berubah menjadi shopaholic karena selalu mengikuti perkembangan produk yang ada di online shop, gaya hidup berubah karena selalu memantau produk keluaran terbaru yang ada di online shop. Munculnya situs online shop ini menyebabkan para perempuan di Desa Dadapan terutama kalangan mahasiswi menjadi pelaku shopaholic, yaitu terdapat beberapa tipologinya yakni tipe shopaholic pantang kalah dengan orang lain, tipe shopaholic mengikuti perkembangan trend, tipe shopaholic gejala impulsive di tempat, dan yang terakhir tipe shopaholic yang senada. Selain itu ada beberapa. 2) Faktor yang mempengaruhi perempuan di Desa Dadapan menjadi pelaku shopaholic yaitu pengaruh dari diri sendiri, pengaruh dari lingkungan pergaulan dan yang terakhir pengaruh dari keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jazilah, Husainatulhusainatuljazzi07@gmailcomI73217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitisiti.azizah@uinsby.ac.id2001037701
Subjects: Iklan
Internet
Jual Beli
Keywords: Belanja Online; Perubahan Gaya Hidup; Perempuan Masa kini.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Husainatul Jazilah
Date Deposited: 28 Feb 2021 11:37
Last Modified: 28 Feb 2021 11:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46823

Actions (login required)

View Item View Item