Semut dalam Tafsir Saintifik: studi atas Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim karya Zaghlul al-Najjar.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunita, Ellya Rachma (2021) Semut dalam Tafsir Saintifik: studi atas Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim karya Zaghlul al-Najjar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ellya Rachma Yunita_E03217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan berjalannya waktu, pemahaman masyarakat mengenai Alquran terus berkembang, salah satunya dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Salah satu ayat-ayat Alquran yang membahas isyarat-isyarat ilmiah adalah terletak pada surah An-Naml ayat 18-19 tentang semut. Semut merupakan hewan yang memiliki keistimewaan di antara hewan lain yang ada di bumi ini. Dengan bentuk tubuh yang relatif kecil dan mungil ini, namun siapa sangka dibalik itu justru semut menyimpan isyarat ilmiah yang jarang diketahui oleh manusia. Hal ini yang membuat sebagian mufassir lebih concern terhadap ayat-ayat kauniyah-Nya. Seperti mufassir kontemporer berkebangsaan Mesir yaitu Zaghlul al-Najjar. Ia memiliki kitab tafsir yang membahas terkait ayat-ayat kauniyah Allah dengan kitab yang ia beri judul Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim. Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah 1.) Bagaimana penafsiran saintifik Zaghlul al-Najjar tentang semut dalam Alquran surat An-Naml ayat 18-19?, 2.) Bagaimana relevansi penafsiran Zaghlul al-Najjar dengan penemuan ilmiah?. Penelitian ini bertujuan, yang pertama, untuk mendeskripsikan penafsiran saintifik Zaghlul al-Najjar tentang semut dalam Alquran surat An-Naml ayat 18-19. Kedua, untuk mendeskripsikan relevansi penafsiran Zaghlul al-Najjar dengan penemuan ilmiah. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian library research dengan metode kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam hal ini adalah deskriptif-analisis. Sumber data primer yang dipakai dalam penelitian ini adalah Alquran, kitab Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim. Dan sumber data sekunder yang berkaitan dengan pembahasan berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian ini adalah bahwa dalam penafsiran Zaghlul al-Najjar terkait semut ini disajikan dengan baik. Di dalamnya Zaghlul menjelaskan terkait isyarat atau fakta ilmiah terhadap semut dengan didukung penelitian terkini terkait semut. Dipaparkan olehnya bahwa semut merupakan hewan yang cerdas yang di bagian tubuhnya memiliki antena yang memiliki fungsi luar biasa. Selain itu semut ini memiliki beberapa bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesamanya di antaranya yaitu bahasa kimia yang dihasilkan oleh zat kimia yang dikeluarkan oleh semut, bahasa gerak, serta bahasa yang dihasilkan dari vibrasi suara semut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunita, Ellya Rachmaellyarachmayunita@gmail.comE03217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Serangga
Keywords: Semut; Saintifik; Tafsir al-Ayat al-Kauniyah fi al-Qur’an al-Karim.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ellya Rachma Yunita
Date Deposited: 27 Feb 2021 12:11
Last Modified: 27 Feb 2021 12:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46811

Actions (login required)

View Item View Item