Strategi penghimpunan dana (fundrising), pengelolaan dan pengembangan Wakaf Uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anifah, Siti (2020) Strategi penghimpunan dana (fundrising), pengelolaan dan pengembangan Wakaf Uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Anifah_F02418159.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi Penghimpunan Dana (Fundrising), Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur” dilatarbelakangi oleh besarnya potensi wakaf uang dari masyarakat secara nasional namun dalam realitanya belum terealisasi secara maksimal. Performance nadzir memiliki peran penting dalam pengembangan wakaf uang. Salah satu nadzir wakaf uang yang ada di Indonesia adalah Dompet Dhuafa. Keberadaan Dompet Dhuafa di berbagai regional, salah satunya di Jawa Timur menjadikan daya tarik untuk dilakukan penelitian wakaf uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penghimpunan dana (fundrising), pengelolaan dan pengembangan wakaf uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur? Kedua, apa saja kendala yang dihadapi dalam penghimpuan dana (fundrising), pengelolaan dan pengembangan wakaf uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur? Ketiga, Bagaimana solusi sebagai upaya penyelesaian kendala dalam strategi penghimpuan dana (fundrising), pengelolaan dan pengembangan wakaf uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat untuk menganalisis penghambat serta pendukung dalam penghimpunan dana (fundrising) pengelolaan dan pengembangan wakaf uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini fundrising (penghimpunan dana) Dompet Dhuafa Jawa Timur dilakukan dengan mengandalkan campaign dari Dompet Dhuafa pusat, termasuk pengelolaan dan pengembangan wakaf uang. Rendahnya literasi masyarakat dan minimnya sosialisai informasi program wakaf uang kepada masyarakat berimplikasi pada kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap produk wakaf uang. Hal ini turut serta menjadikan kecilnya jumlah wakaf uang yang berhasil di himpun oleh Dompet Dhuafa Jawa Timur dibandingkan dengan hasil perolehan Zakat, Infaq dan Sedekah. Upaya pengembangan wakaf uang dapat dilakukan dengan melakukan sinergi kepada lembaga pendidikan, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat dengan memaksimalkan platform media sosial baik dengan forum group discusion maupun dengan seminar (online dan offline). Peningkatan kompetensi pengelolaan wakaf uang dapat dilakukan dengan mengintensifkan pembinaan lembaga Dompet Dhuafa Jawa Timur oleh lembaga regulator terkait, sehingga terbangun pengelola yang amanah, profesional dan akuntabel. Dengan demikian masyarakat semakin aware dan terdorong untuk mensedekahkan harta yang dimilikinya dalam bentuk wakaf uang di Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anifah, Sitiazzahraanifah@gmail.comF02418159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhazali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Wakaf
Keywords: Strategi; Wakaf Uang.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Anifah
Date Deposited: 02 Mar 2021 12:49
Last Modified: 02 Mar 2021 12:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46801

Actions (login required)

View Item View Item