Penguatan badan usaha milik desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Buana, Ekky Irsa (2020) Penguatan badan usaha milik desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ekky Irsa Buana_I01216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat peningakatan pada Pendapatan Asli Desa Bluru Kidul dalam data APBDes Tahun 2019, dari hasil peningkatan tersebut terdapat kontribusi yang berasal dari aset desa berupa pasar desa yang di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa Blukid Jaya Makmur. Adapun beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Kebijakan apa yang digunakan oleh pemerintah desa, untuk menciptakan penguatan pada lembaga BUMDes Blukid Jaya Makmur, Apa strategi yang diterapkan oleh pemerintah desa dalam pelaksanaan pengelolaan BUMDes untuk meningkatkan PADes Bluru Kidul, Apa saja tantangan yang dihadapi oleh pemerintah desa, selama proses penguatan BUMDes dalam meningkatkan PADes Bluru Kidul. Untuk dapat menjawab beberapa rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggambarakan objek penelitian berdasarkan pada fakta yang tampak sebagaimana adannya di lapangan, untuk mendapatkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teori utama kebijakan public Carl Friedrich. Hasil dari penelitian ini yaitu, untuk dapat menciptakan penguatan pada lembaga BUMDes Blukid Jaya Makmur, Pemerintah desa Bluru Kidul menggunakan kebijakan berdasarkan pada Peraturan Desa Nomer 4 Tahun 2013 yang dibentuk dari aspirasi-aspirasi masyarakat desa Bluru Kidul yang ditampung oleh pemerintah desa selama pelaksanaan musyawarah desa yang kemudian digunakan sebagai landasan hukum dari pembentukan dan pelaksanaan pengelolaan lembaga usaha desa Blukid Jaya Makmur. Untuk strategi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Blukid Jaya Makmur pemerintah desa Bluru Kidul menerapkan startegi kerjasama dengan masyarakat desa dimana kerjasama tersebut berjalan dengan dipilihnya beberapa masyarakat desa yang sesuai dengan standart kriteria yang tertulis dalam Perdes Pasal 19 Nomer 4 Tahun 2013 tentang pengangkatan pegawai BUMDes untuk melakukan pengelolaan jasa pelayanan dengan pembagian hasil pengelolaan sebesar 40% Pendapatan Desa, 30% BUMDes dan 30% untuk masyarakat desa yang ditunjuk dan ditetapkan sebagai pihak pelaksana pengelolaan lahan parkir dan kebersihan pasar desa Bluru Kidul. Dan selama proses penguatan pada lembaga BUMDes Blukid Jaya Makmur pemerintah desa Bluru Kidul tidak luput dari beberapa tantangan yang harus di hadapi, seperti kurangnnya biaya untuk merealisasikan pembangunan unit usaha pasar desa dan sempat adanya protes dari para pedagang pasar desa Bluru Kidul karena adannya kenaikan biaya retribusi kebersihan pasar desa yang harus dibayar setiap harinnya oleh para pedagang pasar desa Bluru Kidul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Buana, Ekky Irsaekkyirsab@gmail.comI01216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abdulachalik_el@yahoo.co.id2027067302
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Kebijakan; Strategi; Penguatan badan usaha milik desa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ekky Irsa Buana
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:31
Last Modified: 02 Mar 2021 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46732

Actions (login required)

View Item View Item