Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN NO: 19/DSN-MUI/VI/2001 terhadap praktik Arisan menurun melalui Grup WhatsApp Arisan Online by AMI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rettyaningrum, Azizah (2021) Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN NO: 19/DSN-MUI/VI/2001 terhadap praktik Arisan menurun melalui Grup WhatsApp Arisan Online by AMI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizah Rettyaningrum_C92217069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dari metode penelitian tersebut data yang diperoleh bersumber dari buku-buku, jurnal, dokumen resmi, publikasi, dan hasil penelitian lainnya. Selanjutnya melalukan analisis menggunakan metode deskriptif analisis, fakta mengenai praktik arisan menurun melalui grup WhatsApp. Kemudian dapat diambil kesimpulan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan menjabarkan ketentuan secara umum menganai arisan menurun yang dianalisis dari sudut pandang qard} dan Fatwa DSN No:19/DSN-MUI/IV/2001. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa praktik arisan menurun ini berbeda dengan arisan sebelumnya di mana arisan sebelumnya menggunakan sistem kopyok untuk mendapatkannya dan tidak ada tambahan atau margin. Namun, pada praktik arisan menurun ini berbeda dengan adanya tambahan pembayaran dan keuntung pada setiap member. Sistem penambahan pada arisannya ini masih belum jelas dikarenakan setiap anggota mendapatkan tambahan yang berbeda-beda. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penulis menyarankan untuk admin atau pembuat arisan tersebut membuat seolah tambahan tersebut jelas dan tidak mengandung unsur riba, arisan dilakukan sebagaimana mestinya yang tidak merugikan pihak manapun sehingga arisan dapat berjalan dengan lancar dan adanya kejelasan pembayaran pada setiap anggotanya dan peneliti di masa yang akan datang, agar lebih cermat dan bijaksana dalam menanggapi masalah yang terdapat di lapangan karena belum banyak yang belum mengetahi tentang hukum Islam dalam masa sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rettyaningrum, Azizahazizahretia99@gmail.comC92217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJailani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Fatwa
Hukum Islam
Teknologi
Keywords: Arisan Online; Arisan; Arisan melalui Whatsapp.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizah Rettyaningrum
Date Deposited: 25 Feb 2021 11:08
Last Modified: 25 Feb 2021 11:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46706

Actions (login required)

View Item View Item