Analisis fikih siyasah terhadap manfaat Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) menurut Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2017 Tentang Fasilitas Bagi Masyarakat di Luar Negeri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifa, Siti Aminatul (2020) Analisis fikih siyasah terhadap manfaat Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) menurut Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2017 Tentang Fasilitas Bagi Masyarakat di Luar Negeri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aminatul Afifa_C95216144.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini memaparkan data penelitian dengan studi kepustakaan kemudian diolah secara kualititatif, disajikan dalam bentuk deskripsi. Skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, yang meneliti dari sumber-sumber pustaka yang dianggap relevan dengan menggunakan sumber data buku, jurnal, dan bahan-bahan hukum lainnya. Pemaparan data yakni menggunakan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2017 Tentang Fasilitas Bagi Masyarakat Indonesia di Luar Negeri dan kemudian sedikit dihubungkan dalam perspektif siyasah dauliyah. Hasil penelitian ini memaparkan bahwasannya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dapat dikatakan masih belum sesuai dengan fungsi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Penerbitan dan Pencabutan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri pada pasal 3. Pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa diterbitkannya Kartu Masyarakat Indonesia Di Luar Negeri (KMILN) yang memiliki dampak bagi pihak pemegang kartu. Boleh dikatakan salah satu faktornya yaitu kebijakan luar negeri Indonesia selalu mengalami perkembangan, baik dalam upaya penyusunan, hingga implementasinya. Seiringnya adanya perubahan mengenai kebijakan tidak menentu dan dinamis, sehingga penting jika diterapkan berbagai upaya dan solusi yang baru. Sampai akhirnya pemerintah Indonesia mendapatkan solusinya yaitu dukungan dari aktor lain yang biasa dijuluki dengan diaspora Indonesia. Adanya diaspora inilah yang menjadikan kartu masyarakat Indonesia ini diluncurkan. Namun keberadaan dan fungsi dari kartu ini masih tak dapat dirasakan kurang terperinci dalam implementasinya sehingga memunculkan kejanggalan. Oleh karena itu, diaspora Indonesia ini sangatlah berpengaruh dalam keterlibatan potensi strategi yang baru. Selanjutnya dalam konteks fikih siyasah sebagaimana yang dimaksud dalam pembahasan ini tergolong dalam fikih siyasah dauliyah yakni hubungan politik internasional dan fikih dauliyah lebih mengarah pada prinsip dalam hubungan internasional yaitu kerjasama antar kemanusiaan. Adanya suatu pernyataan di atas bahwa agar Masyarakat Indonesia Luar Negeri dapat merasakan fungsi dan manfaat dari kartu tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifa, Siti Aminatulafifasitiaminatul@gmail.comC95216144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje Abdul--2015106401
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Lalu Lintas > Undang-undang dan peraturan
Politik > Politik Islam
Keywords: Kartu Masyarakat Indonesia Luar Negeri (KMILN).
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: siti aminatul
Date Deposited: 28 Feb 2021 12:49
Last Modified: 28 Feb 2021 12:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46682

Actions (login required)

View Item View Item