Peran Peer group dalam pembentukan School Well Being

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiq, Nurul Inayah (2020) Peran Peer group dalam pembentukan School Well Being. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Inayah Taufiq_J01216031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus mengenai gambaran school well being, serta bagaimana peran peer group dalam pembentukan school well being. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan teknik triangulasi sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah atas atau sederajat. Ada sembilan subjek dari tiga sekolah yang dijadikan sumber informasi yang masing-masing memiliki dua significant others yaitu anggota peer groupnya serta guru BK. Penelitian ini menghasilkan pertama gambaran school well being pada siswa, enam dari sembilan subjek yang memiliki penilain yang positif terhadap sekolah disebabkan oleh sekolah memiliki infrastruktur yang baik dan sarana prasarana yang memadai, memiliki hubungan sosial yang baik dengan masyarakat sekolah, siswa dapat mengasah keterampilannya melalui kegiatan yang telah disediakan oleh sekolah dan memiliki pelayanan kesehatan yang baik. Subjek yang memiliki penilaian negatif terhadap sekolah disebabkan karena sekolah tidak dapat memenuhi dari beberapa hal yang telah disebutkan. Kedua peran peer group dalam pembentukan school well being, peer group memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan siswa dalam proses belajar disekolah. Peran peer group disekolah meliputi saling mengingatkan mengenai peraturan-peraturan yang ada disekolah dan akan menegur jika ada yang melakukan penyimpangan, peer group akan mengajarkan mengelolah emosi agar tidak mengganggu hubungan antar teman, peer group aka n saling bekerja sama untuk mencapai tujuannya dan peer group dengan suka rela membantu jika ada yang memiliki masalah yang berkaitan dengan kegiatan sekolah atau masalah pribadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiq, Nurul Inayahnurulinayahtaufiq11@gmail.comJ01216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmarizmafpk@uinsby.ac.id2012037402
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Perilaku
Keywords: Peer Groups; School Well Being.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nurul Inayah Taufiq
Date Deposited: 23 Feb 2021 12:01
Last Modified: 23 Feb 2021 12:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46650

Actions (login required)

View Item View Item