Tradisi Carok di Desa Baipajung Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan: perspektif hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Nailul (2020) Tradisi Carok di Desa Baipajung Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan: perspektif hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailul Izzah_E05216019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Carok adalah upaya pembelaan harga diri seorang laki-laki Madura yang dilecehkan oleh laki-laki lain, dilakukan dengan pertarungan dan umumnya menggunakan senjata tajam. Pada era sekarang, setiap tindak kekerasan dalam bentuk perkelahian yang dilakukan oleh masyarakat Madura sering disebut carok oleh masyarakat umum. Namun apabila ditinjau secara mendetail dari sejarah, carok mempunyai alasan dan tata cara dalam setiap peristiwanya. Penelitian ini mengangkat tiga pokok pembahasan sebagai rumusan masalah, yakni peristiwa tradisi carok di desa Baipajung kecamatan Tanah Merah kabupaten Bangkalan, kualitas hadis-hadis tentang faktor terjadinya carok tinjauan hadis tentang tradisi carok di desa Baipajung kecamatan Tanah Merah kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi Edmund Hussrl, hal ini sesuai dengan sifat dari kajian living hadis maknanya dalam penelitian ini tidak memberikan penilaian terhadap kebenaran sebuah tradisi atas pengamalan teks hadis. sumber data penelitian ini diperoleh dari masyarakat Desa Baipajung kecamatan Tanah Merah kabupaten Bangkalan dan beberapa literatur yang berkaitan dengan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini ialah hadis tentang pembelaan harga diri dan beberapa hadis lain yang berkaitan dengan faktor terjadinya carok merupakan hadis shahih dan dapat diterima. Latar belakang terjadinya carok di desa Baipajung sama seperti alasan carok di masyarakat Madura pada umumnya yakni perihal pembelaan harga diri yang di dalamnya terdapat beberapa faktor lain, menurut sumber yang telah diwawancarai carok di desa Baipajung terjadi dengan dua cara yaitu berhadapan dan nyèlèp. Bagi masyarakat Baipajung carok merupakan jalan terakhir dari sebuah konflik yang tidak bisa disesaikan secara kekeluargaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Nailulnailuulizzah18@gmail.comE05216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Hukum Adat
Kebudayaan
Hadis
Keywords: Tradisi; Carok; Hadis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nailul Izzah
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:19
Last Modified: 22 Feb 2021 10:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46576

Actions (login required)

View Item View Item