Implementasi Permenristekdikti no 55 tahun 2018 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus : studi kasus di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husen, Husen (2020) Implementasi Permenristekdikti no 55 tahun 2018 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus : studi kasus di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husen_I01216012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis ketika Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan Permenristekdikti No 55 Tahun 2018 dimana peraturan tersebut dikeluarkan sebagai upaya dari Pemerintah untuk mencegah paham intoleran dan radikalisme di lingkungan kampus. Dalam peraturan tersebut setiap kampus mempunyai tanggung jawab untuk membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) untuk melaksanakan pembinaan Ideologi Pancasila bagi mahasiswa. UKM PIB ini dibentuk dan dibina oleh Pimpinan Perguruan Tinggi, dimana yang menjadi fokus utama dalam kegiatan UKM PIB ini adalah untuk memberikan pembinaan 4 Pilar Kebangsaan kepada mahasiswa.Atas dasar tersebut Peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Permenristekdikti No 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Lingkungan Kampus di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang? (2) Bagaimana Efektifitas Penerapan Permenristekdikti No 55 Tahun 2018 di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang?.Untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah tersebut penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian dilakukan di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang. Data dikumpulkan melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teori Implementasi Kebijakan menurut George Edwar III yang menggunakan 4 indikator yang mempengaruhi keberhasilan sebuah Implementasi Kebijakan yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Sikap dan Struktur Birokrasi. Dan juga untuk mengukur efektivitas menggunakan teori dari Siagian.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan UKM PIB sebagai bentuk dari Implementasi Permenristekdikti No 55 Tahun 2018 baik di Universitas Negeri Semarangdan juga Universitas Semarang sudah cukup berhasil dan berjalan dengan cukup baik.Sementara itu Penerapan Permenristekdikti No 55 Tahun 2018 baik di Universitas Negeri Semarang dan juga Universitas Semarang sudah berjalan dengan Efektiv dengan menggunakan alat ukur dari Siagian yang menyebutkan ada tujuh kriteria untuk mengukur pencapaian sebuah tujuan. Dari ke tujuh kriteria itu enam kriteria diantaranya telah terpenuhi dengan baik. Sementara ada 1 kriteria yang belum terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husen, Husenhusenedved@yahoo.comI01216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzaky.politikislam@gmail.com2030128201
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Implementasi; Permenristekdikti; Pembinaan; Radikalisme.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Husen Husen
Date Deposited: 19 Feb 2021 05:36
Last Modified: 19 Feb 2021 05:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46559

Actions (login required)

View Item View Item