Implementasi terapi Ruqyah Aswaja untuk mengurangi kecemasan bagi penderita Stroke di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawy, M. Iqbal (2021) Implementasi terapi Ruqyah Aswaja untuk mengurangi kecemasan bagi penderita Stroke di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Iqbal Alawy_E97216034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi kali ini membahas mengenai Implementasi Terapi Ruqyah Aswaja untuk mengurangi kecemasan bagi penderita stroke. Adapun kajian latar belakang pada skripsi ini mengkaji dua hal yaitu pertama, mengenai konsep serta implementasi terapi Ruqyah Aswaja. Kedua, hasil dari implementasi ruqyah aswaja dalam mengurangi kecemasan bagi penderita stroke. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui penerapan atau implementasi terapi ruqyah aswaja dalam membantu mengurangi kecemasan bagi penderita stroke. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif melalui penggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode dalam pngumpulan data. Kemudian cara yang dapat digunakan dalam terapi ruqyah aswaja untuk mengurangi kecemasan bagi penderita stroke, salah satunya yaitu inabah atau taubat, air asma’, sentuhan, totok, dan sima’i. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses dari penerapan terapi ruqyah aswaja dalam membantu mengurangi kecemasan bagi penderita stroke menggunakan terapi yang sesuai dengan ajaran Islam. Terapis atau peruqyah menggunakan ayat al-Qur’an, hadits serta doa para ‘ulama dengan meyakini bahwa al-Qur’an merupakan perantara, jalan atau wasilah untuk penyembuhan. Namun pada hakikatnya yang menyembuhkan adalah Allah Swt. Ruqyah aswaja mengedepankan akhlak yang baik saat melakukan terapi ruqyah. Selain itu, praktisi juga menggunakan sugesti atau kata-kata bijak yang bertujuan untuk memberi semangat supaya bisa sembuh pada pasien penderita stroke. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terapi ruqya aswaja bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan kecemasan bagi penderita stroke. Selain menurunkan kecemasan bagi penderita stroke terapi ruqyah aswaja juga bisa menyembuhkan penyakit fisik atau psikis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawy, M. Iqbaliqbalalawy7@gmail.comE97216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Implementasi Terapi Ruqyah Aswaja untuk mengurangi kecemasan bagi penderita Stroke di Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: iqbal alawy
Date Deposited: 18 Feb 2021 09:45
Last Modified: 18 Feb 2021 09:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46538

Actions (login required)

View Item View Item