العناصر الداخلية في المسرحية "الملك أوديب" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Siti Ulfi Ulul (2021) العناصر الداخلية في المسرحية "الملك أوديب" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ulfi Ulul Azmi_A91217082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebuah karya sastra tidak dapat lepas dari unsur-unsur yang membangun karya sastra tersebut. salah satu unsur yang membangun karya sastra adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik merupakan salah satu unsur yang berperan penting dalam membangun sebuah karya sastra itu sendiri. Pembahasan dalam penelitian ini adalah seputar aspek unsur intrinsik yang terdiri dari tema, penokohan, alur, setting, dan gaya bahasa. Objek kajian pada penelitian ini adalah drama Raja Oedipus dengan sumber data berupa naskah teks drama. Dan dalam penelitian ini Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, dengan Metode Pendekatan Ilmu Sastra. Drama ini bercerita tentang tragedi konflik antara realitas dan kebenaran dalam kehidupan Oedipus. Drama ini terdiri dari 3 babak. Adapun penelitian ini dibangun atas rumusan masalah “Apa tema dalam drama Raja Oedipus Karya Taufiq al-Hakim?, Bagaimana Penokohan dalam drama Raja Oedipus Karya Taufiq al-Hakim?, Bagaimana Alur dalam drama Raja Oedipus Karya Taufiq al-Hakim?, Bagaimana Setting dalam drama Raja Oedipus Karya Taufiq al-Hakim?, dan Bagaimana Gaya Bahasa yang digunakan dalam drama Raja Oedipus Karya Taufiq al-Hakim?” dengan Tujuan agar mengetahui bagaimana Tema, Penokohan, Alur, Setting, dan Gaya Bahasa drama Raja Oedipus Karya Taufiq al-Hakim. Hasil dalam penelitian ini terdapat-data yang meliputi 1 tema, yaitu tragedi konflik antara realitas dan kebenaran, 11 penokohan yang terdiri dari 1 tokoh utama yaitu Oedipus, 1 tokoh antagonis yaitu Tarsias, dan 9 tokoh sekunder yang terdiri dari : Jocasta, Antigone, Creon, Pendeta, Syekh, Gembala, Paduan Suara, Pembawa berita, dan Rakyat Thebes. 1 alur yaitu alur campuran, 4 setting tempat, 0 setting waktu, dan 1 setting suasana. Adapun Uslub bahasa dalam drama ini menggunakan Bahasa Arab Fushah, terdapat 3 data Tanash (Interteks), dan dalam segi balaghah terdapat Al-kalam al-insyai, Al-kalam al-khabari, dan As-saja’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Siti Ulfi Ulululfiululazmi1999@gmail.comA91217082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathin695@gmail.com2014057602
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur Intrinsik; Raja Oedipus; Taufiq al Hakim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ulfi Ulul Azmi
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:51
Last Modified: 17 Feb 2021 09:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46518

Actions (login required)

View Item View Item