Analisis hukum islam terhadap praktik jual beli dengan sistem arisan pada “Arisan Mapan” di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thissa, Afifatur Rizka (2020) Analisis hukum islam terhadap praktik jual beli dengan sistem arisan pada “Arisan Mapan” di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Thissa Afifatur Rizka_C02216067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh melalui survei langsung dan wawancara kepada pihak yang terkait yakni salah satu Ketua Kelompok arisan dan salah satu Manager “Arisan Mapan” serta anggota arisan. Kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan sesuatu hal dengan mengumpulkan data yang terkait dengan pelaksanaan praktik jual-beli dengan sistem arisan di “Arisan Mapan” kemudian dianalisa dengan menggunakan Hukum Islam untuk kemudian ditarik sebuah kesimpulan yang diambil dengan logika deduktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa praktik jual-beli dengan sistem arisan pada “Arisan Mapan”, dilakukan atas kesepakatan oleh dua belah pihak yang melakukan transaksi. Anggota akan dinyatakan sebagai pemilik penuh atas suatu barang jika telah melunasi pembayaran yang dilakukan secara berangsur selama jangka waktu yang disepakati. Apabila masing-masing pihak melakukan wanprestasi maka akan ada konsekuensi yang diterima. Kemudian dalam pelaksanaannya pihak “Arisan Mapan” telah menetapkan upah atau ujrah yang harus dibayarkan oleh anggota arisan, jika anggota arisan tidak merasa keberatan atau adanya kerelaan serta mendatangkan manfaat maka secara Hukum Islam adalah mubah atau diperbolehkan. Adapun saran bagi pihak “Arisan Mapan” dalam pelaksanaan arisan agar dapat dikembangkan lagi karena kebutuhan masyarakat dan manfaat yang didapat ketika mengikuti kegiatan arisan. Serta adanya penjelasan mengenai harga barang, sehingga anggota arisan dapat mengetahui selisih dari harga awal dengan harga jual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thissa, Afifatur Rizkathissa.afrizka@gmail.comC02216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Muhammadromdlonawawi@gmail.com2029126201
Subjects: Hukum
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual beli; Jual beli arisan; Arisan mapan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Thissa Afifatur Rizka
Date Deposited: 16 Feb 2021 10:42
Last Modified: 16 Feb 2021 10:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46509

Actions (login required)

View Item View Item