PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL REMAJA YANG BERHIJAB DAN YANG TIDAK DI SMAN 16 SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2013/2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudewo, Priyo Abhi (2014) PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL REMAJA YANG BERHIJAB DAN YANG TIDAK DI SMAN 16 SURABAYA TAHUN AKADEMIK 2013/2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Dalam batasan umur kelompok remaja memiliki pengembangan sikap tersendiri, perkembangan sikap sosial remaja ada yang disebut sikap konformitas dan sikap heteroseksual. Sikap konformitas merupakan sikap ke arah penyamaan kelompok yang menekankan remaja dapat bersifat positif dan negatif. Sikap konformitas yang negatif seperti pengrusakan, mencuri dan lain-lain. Sedang konformitas positif misalnya menghabiskan sebagian waktu dengan anggota lain yang melibatkan kegiatan sosial yang baik (Santrock, 2004). Perubahan sikap dan perilaku seksual remaja yang paling menonjol adalah bidang heteroseksual (Hurlock, 1991). Mereka mengalami perkembangan dari tidak menyukai lawan jenis, menjadi menyukai lawan jenis. Kesempatan dalam berbagai kegiatan sosial semakin luas, yang menjadikan remaja memiliki wawasan yang lebih luas. Namun dalam Islam sendiri memberikan sebuah sistem dalam berinteraksi sosial antar lawan jenis dalam masyarakat yaitu sistem hijab yang dibuat untuk menanggulangi perilaku buruk dari pihak pria karena terstimulus oleh bentuk tubuh wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan interaksi antara remaja yang berhijab dengan yang tidak berhijab menggunakan metode analisis statistik yang didasarkan pada pengumpulan data pengisian skala interaksi sosial yang diisi oleh 40 siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan interaksi sosial antara remaja yang berhijab dengan remaja yang tidak berhijab, hal ini terbukti berdasarkan skor hasil uji analisis menggunakan metode independent sample T-Tes melalui bantuan aplikasi SPSS 16 yang menunjukkan angka signifikansi 0,653.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hamim Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudewo, Priyo AbhiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Hijab; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 05:41
Last Modified: 09 Feb 2015 05:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item