Peningkatan pemahaman konsep wujud benda tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 melalui media magic box pada siswa kelas III SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Belinda Asmarantika Marliana (2021) Peningkatan pemahaman konsep wujud benda tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 melalui media magic box pada siswa kelas III SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Belinda Asmarantika Marliana Afandi_D97217038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 terkait menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda kelas III SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan melatarbelakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas dipaparkan informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga peneliti melakukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menggunakan media magic. box. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan media magic box dalam meningkatkan pemahaman konsep wujud benda tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas III SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan. 2) hasil penerapan media magic box dalam meningkatkan pemahaman konsep wujud benda tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas III SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Intstumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, dan tes tulis pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan media magic box dalam meningkatkan pemahaman konsep wujud benda tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 dapat terlaksana dengan baik. Dibuktikan dengan hasil aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 72 dengan kualitas cukup, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 87 dengan kualitas baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 71 dengan kualitas cukup, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 83 dengan kualitas baik. 2) pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 memalami peningkatan dibuktikan dengan tes tulis berupa 10 soal uraian. Peningkatan tersebut juga dilihat dari hasil pra siklus singga siklus II. Hasil persentase ketuntasan pemahaman siswa pada taham pra siklus yaitu 27%, meningkat pada siklus I yaitu 73% dengan kualifikasi cukup, dan meningkat pada siklus II yaitu 87% dengan kualifikasi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Belinda Asmarantika Marlianabelindasmarantika@gmail.comD97217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Materi Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1; Media Magic Box.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Belinda Asmarantika Marliana Afandi
Date Deposited: 15 Feb 2021 12:02
Last Modified: 15 Feb 2021 12:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46482

Actions (login required)

View Item View Item