Profil kecakapan matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan spasial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pakarti, Galuh Kartika sari Cipta (2021) Profil kecakapan matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan spasial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galuh Kartika Sari Cipta Pakarti_D74214032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika ada beberapa kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa. Menurut Kilpatrick, yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika meliputi pemahaman konseptual, kelancaran prosedural, kompetensi strategis, penalaran adaptif, dan disposisi produktif. Salah satu orientasi dari pembelajaran matematika adalah pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural. Pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural menjadi komponen yang sangat penting dalam pemecahan masalah matematika. Pemahaman konseptual merupakan pemahaman atau penguasaan siswa terhadap konsep-konsep, operasi, dan relasi matematis. Sedangkan kelancaran prosedural merupakan keterampilan siswa untuk menggunakan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa dalam pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari kecerdasan spasial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 2 siswa yang memiliki kecerdasan spasial tinggi dari 22 siswa kelas VII SMP PGRI 1 Buduran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan spasial, tes tertulis pemecahan masalah matematika, dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan spasial tinggi memiliki pemahaman konseptual yang lebih baik dalam pemahaman atau penguasaan konsep-konsep, operasi,dan relasi matematis. Hal tersebut dapat dilihat karena siswa dengan kecerdasan spasial tinggi memenuhi semua indikator pemahaman konseptual sehingga mendapatkan indikasi yang baik dalam pemecahan masalah matematika. Selanjutnya, Siswa dengan kecerdasan spasial tinggi memiliki kelancaran prosedural yang lebih baik dalam menggunakan prosedur secara tepat, dan keterampilan dalam menampilkannya secara fleksibel, akurat, dan efisien. Hal tersebut dapat dilihat karena siswa dengan kecerdasan spasial tinggi memenuhi semua indikator kelancaran prosedural sehingga mendapatkan indikasi yang baik dalam pemecahan masalah matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pakarti, Galuh Kartika sari Ciptakartikasari179@gmail.comD74214032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Kecerdasan
Kecakapan
Matematika
Keywords: Pemahaman konseptual; Kelancaran prosedural; Pemecahan masalah; Kecerdasan spasial; Kecerdasan spasial tinggi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Galuh Kartika Sari Cipta Pakarti
Date Deposited: 14 Feb 2021 14:29
Last Modified: 14 Feb 2021 14:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46469

Actions (login required)

View Item View Item