Sikap Toleransi dan Intoleransi mahasiswa Fakultas Agama Dan Fakultas Non Agama di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayuni, Mardika Iga (2021) Sikap Toleransi dan Intoleransi mahasiswa Fakultas Agama Dan Fakultas Non Agama di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mardika Iga Ayuni_E01216016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai toleransi dan intoleransi pada mahasiswa yang lebih khususnya pada mahasiswa fakultas non agama dan fakultas agama yakni fakultas Psikologi sebagai fakultas non agama dan fakultas ushuluddin sebagai fakultas agama. Kehidupan beragama dan bernegara di Indonesia sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup sehari-hari dan berdampingan. Terlebih Indonesia adalah negara plural yang dihuni oleh berbagai suku, ras, dan agama. Dalam menghadapi perbedaan- perbedaan tersebut, maka diperlukan pikiran terbuka dan menerima terhadap perbedaan- perbedaan yang ada agar tercipta kehidupan yang rukun. Oleh karena itu, toleransi dibutuhkan dalam kehidupan beragama dan bernegara di tengah perbedaan tersebut. Toleransi pada penelitian ini mengacu pada konsep toleransi Sullivan yang merujuk pada dua konsep yakni, toleransi internal dan toleransi. Toleransi internal ialah toleransi yang mengacu pada toleransi dengan sesama Muslim yang berbeda kelompok. Toleransi eksternal merupakan toleransi yang mengacu pada pemeluk agama yang berbeda. Sedangkan mengenai konsep intoleransi merupakan kebalikan dari konsep toleransi Sullivan. Pada penelitian ini, peneliti menemukan konsep toleransi yang dapat digolongkan menjadi dua yakni, memberi kebebasan, menghormati dan menghargai perbedaan. Sedangkan konsep intoleransi yang telah peneliti temukan dalam penelitian yakni kurangnya rasa menghargai dan menghormati. Sedangkan pada bentuk toleransi mahasiswa fakultas non agama dan fakultas agama dapat digolongkan menjadi dua yakni memberi kebebasan, menghargai dan menghormati perbedaan. Selanjutnya, pada bentuk intoleransi dapat digolongkan menjadi dua yakni, tidak setuju atau tidak memberi kesempatan pada non Muslim untuk menjadi pemimpin dan menutup diri serta tidak membenarkan aliran lain yang berbeda

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayuni, Mardika Igamardikaiga16@gmail.comE012160121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Islam
Perilaku
Toleransi Islam
Keywords: Toleransi dan intoleransi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mardika Ayuni
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:07
Last Modified: 15 Feb 2021 06:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46461

Actions (login required)

View Item View Item