Peran civitas lembaga PAUD dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di SDN Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Reni, Tri Widhati (2021) Peran civitas lembaga PAUD dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di SDN Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Tri Widhati_ D98216051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan ini penelitian bertujuan untuk mengetahui peran dalam meningkatkan minat belajar di dalam lembaga sekolah.. Selain itu, penelitian ini untuk Untuk mengetahui cara meningkatkan minat belajar dilihat dari segi guru, orangtua, kepala sekolah dan guru pembimbing khusus. Serta Untuk mengetahui bagaimana pembentukan minat belajar anak .Dalam penelitian ini mengunakan metode ataupun jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dekumentasi. Data analisisnya yang digunakan adalah reduksi data, reduksi data mengunakan penyajian data dan menarik kesimpulan. teknik keabsahan datanya mengunakan teknik trigulasi. Penelitian ini bahwa yang berperan meningkatkan minat belajar di lembaga sekolah ialah kepala sekolah, Guru atau Pendidik, orangtua, dan guru pendamping tapi di sekolah inklusi ini tidak ada guru pendamping tugas guru pendamping di ambil alih oleh guru kelas masing-masing. Cara meningkatkan minat belajar dilihat dari segi kepala sekolah tidak hanya memimpin sekolah tapi juga harus bisa memotivasi siswa dan semua warga sekolah baik guru maupun staf sekolah mapun memberikan dorongan maoupun motivasi kepada semua warga sekolah lalu Cara meningkatkan minat belajar dilihat dari guru atau pendidik bisa menumbuhan minat belajar anak dengan sistim pembelajaran yang menarik dan membuat anak nyaman di dalam kelas tidak hanya memperhatikan satu anak tapi kepada seluruh anak dari siswa yang tidak berkebutuhan khusus maupun Anak berkebutuhan khusus (ABK), Cara meningkatkan minat belajar dilihat dariorangtua tidak hanya bertanggung jawab dalam segi materi untuk anak bisa sekolah yang bisa mengembangkan minatnya tapi sebagai orangtua juga bertanggung jawab memberikan dorongan dan semangat baik dari prilaku memperlakukan anak dengan baik dan harus bisa menfasilktasi anak adalam mengembangkan minat belajar anak supaya dapat semangat terus belajar walau dengan keterbatasan yang dimiliki dan yang terahir Cara meningkatkan minat belajar dilihat dari Guru pendamping di sini tidak hanya mendampingi juga memotivasi belajar dan memberikan nasihat supaya si anak mengikuti pembelajaran dengan semangat di sekolah inklusi ini tidak ada guru pendamping tugas ini di ambil alih oleh guru kelas masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Reni, Tri Widhatitriwidhatireni470@gmail.comD98216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotijauharotialfin@gmail.com2006067301
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Peran civitas lembaga paud dalam meningkatkan minat belajar; Minat belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Reni Tri Widhati
Date Deposited: 16 Feb 2021 10:13
Last Modified: 16 Feb 2021 10:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46460

Actions (login required)

View Item View Item