Studi analisis doktrin keagamaan pada komunitas Airlangga Hijrah di UNAIR Surabaya dalam perspektif Communicative Action Jurgen Habermas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Intan Watma (2021) Studi analisis doktrin keagamaan pada komunitas Airlangga Hijrah di UNAIR Surabaya dalam perspektif Communicative Action Jurgen Habermas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text (skripsi)
Intan Watma Sari_E21216105.rar

Download (2MB)

Abstract

Zaman sekarang lebih mudah mendoktrin seseorang melalui media sosial dengan diksi- diksi yang menyesuaikan gaya para milenial, seperi doktrin-doktrin keagamaan yang saat ini banyak tersebar di lingkungan Universitas termasuk Universitas Airlangga. Airlangga Hijrah merupakan salah satunya yang menggunakan doktrin lewat media sosial, bahkan secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana doktrin keagamaan yang digunakan oleh komunitas Airlangga Hijrah dalam perspektif communicative action Jurgen Habermas. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap beberapa anggota Airlangga Hijrah. Dari wawancara tersebut menunjukkan terdapat bentuk golongan norma-norma yang mengajak pengikutnya untuk merubah prilaku yang awalnya jelek menjadi lebih baik lagi, dapat menambah wawasan ilmu agama, belajar lebih beristiqomah dalam beribadah, merubah cara berpikir yang lebih baik, dan pastinya memiliki hati yang lebih sabar dan ikhlas. Sedangkan doktrin keagamaan pada komunitas Airlangga Hijrah menurut teori communicative action Jurgen Habermas yakni dapat memenuhi prinsip-prinsip comprehensibility (kejelasan), truth (kebenaran), dan sincerity (kejujuran). Tetapi, tidak memenuhi prinsip yang satunya lagi yaitu prinsip rightness (ketepatan), karena belum memenuhi norma-norma yang disepakati bersama untuk berjaga jarak, menjaga pandangan ke lawan jenis, serta belum bisa menutup aurat secara benar seperti cara berkerudungnya tidak menutupi bagian dadanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Intan Watmawatmasarii@gmail.comE21216105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Dakwah
Organisasi Mahasiswa
Al Qur'an
Keywords: Doktrin keagamaan; Airlangga Hijrah; communicative action.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Intan Watma Sari
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:14
Last Modified: 16 Feb 2021 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46446

Actions (login required)

View Item View Item