Implementasi Mudarabah dalam Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 terhadap tabungan tunjangan Guru di Bank Syariah Mandiri Kc. Jemur Handayani Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Laily (2020) Implementasi Mudarabah dalam Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 terhadap tabungan tunjangan Guru di Bank Syariah Mandiri Kc. Jemur Handayani Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Hidayati_C92216171.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang “Implementasi Mudarabah Dalam Fatwa DSN MUI No.02/DSN-MUI/2000 Terhadap Tabungan Tunjangan Guru di Bank Syariah Mandiri KC. Jemur Handyani Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan. Pertama, bagaimana implementasi mudarabah pada Tabungan Tunjangan Guru di Bank Syariah Mandiri KC. Jemur Handayani Surabaya? Dan pertanyaan kedua yaitu bagaimana analisis implementasi Mud}a>rabah dalam Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 Terhadap Tabungan Tunjangan Guru di Bank Syariah Mandiri KC. Jemur Handayani Surabaya?. Data penelitian skripsi ini diperoleh melalui wawancara atau interview dan dokumentasi dengan pihak Bank Syariah Mandiri KC. Jemur Handayani, yaitu karyawan Bank Syariah Mandiri KC. Jemur Handayani Surabaya dan nasabah guru. Mengenai teknik pengolahan data yang digunakan oleh penulis adalah teknik editing, organizing, dan analyzing. Kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus seputar aplikasi mudarabah terhadap Tabungan Tunjangan Guru di Bank Syariah Mandiri KC. Jemur Handayani Surabaya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi mudarabah dalam Tabungan Tunjangan Guru menggunakan tabungan mudarabah dengan mnerapkan akad mudarabah mutlaqah, Bank bertindak sebagai pengelola dana dan nasabah guru bertindak sebagai pemilik dana. Dalam implementasi mudarabah pada Tabungan Tunjangan Guru sudah terimplementasikan dengan benar memenuhi rukun dan syarat mudarabah. Sedangkan mengenai implementasi mudarabah dalam Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 terhadap Tabungan Tunjangan Guru masih belum terimplementasikan dengan baik karena mengenai pembagian besar jumlah nisbah keuntungan tidak dituangkan pada saat pembukaan rekening, hal ini tidak sesuai dengan fatwa dalam ketentuan kedua nomor 4 yang menjelaskan bahwa pembagian keuntungan harus dinyatakan dalam bentuk nisbah dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening. Sejalan dengan diadakannya penelitian dalam skripsi ini, penulis memberikan saran bahwa Bank Syariah Mandiri diharapkan lebih memperjelas ke nasabah mengenai sistem dan akad apa yang akan digunakan baik dalam proses pendanaan (funding)atau pembiayaan (financing) agar sesuai dengan konsep mud}a>rabah dan Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Lailyanandalailyhidayatii12@gmail.comC92216171
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad--197001182002121001
Subjects: Mudarabah
Hukum Islam
Keywords: Mudharabah; Tabungan Tunjangan Guru;Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SH Laily Hidayati
Date Deposited: 13 Feb 2021 23:38
Last Modified: 13 Feb 2021 23:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/46430

Actions (login required)

View Item View Item